top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

5 Jenis Permainan Outbound Paling Trend 2023

Diperbarui: 8 Apr 2023

Waktu kecil, kalian mungkin sempat mengikuti outbond yang diselenggarakan oleh sahabat KKN dari kampus tertentu. Aktivitas tersebut pula diselenggarakan oleh kakak- kakak OSIS ataupun guru sekolah bawah.


Pada dasarnya, aktivitas outbond telah ada semenjak tahun 1886 serta dilahirkan oleh seseorang berkebangsaan Jerman, Dr. Kurt Hant.


Outbond terdiri dari 2 jenis, ialah outbond soft keterampilan serta hard keterampilan. Outbond soft keterampilan berperan untuk mempertajam personality serta keahlian dari para partisipan.


Sebaliknya jenis permainan outbond hard keterampilan berperan untuk mempertajam keahlian fisik seorang. Di bawah ini akan kita suguhkan permainan outbond yang paling trend di 2023.


Jenis-Jenis Permainan Outbond Paling Trend Di 2023


Permainan outbond yang paling trend di 2023 mayoritas dipopulerkan melalui aktivitas Pramuka. Tetapi ada pula yang terbuat oleh inisiatif para kreator permainan. Sebagai EO Terbaik di Jakarta & memiliki tim profesional dalam aktivitas gathering, Groovy Event Organizer akan memberikan sebagian permainan outbond terpopuler di 2023. Nah, berikut ini adalah bermacam permainan outbond paling asyik dapat kamu referensikan sewaktu gathering bersama sahabat.


1. Arung Jeram (rafting)


Permainan Arung Jeram banyak sekali dipakai oleh para eksekutor aktivitas outbond ataupun team building untuk menguatkan jalinan hati para team. Arung Jeram umumnya dilaksanakan di sungai- sungai dengan air yang bersih dan arus yang kuat.


Permainan ini termasuk outbond hard keterampilan, serta dilakukan dengan satu regu yang terdiri dari 4- 5 orang. Mereka akan menaiki satu perahu boat serta memakai perkakas keamanan seperti pelampung, helmet, tas kedap air, dan bermacam perkakas lain.


Mereka wajib menelusuri sungai dengan arus yang cukup beresiko dengan berbekal perlengkapan P3K, dayung, pompa boat, serta tali buang. Mereka akan bersaing dengan regu lain supaya dapat sampai tujuan dalam waktu tercepat.

Jenis Permainan Outbound
Permainan Outbound Arum Jeram

2. Rope Course


Kegiatan tali tinggi( high rope activities) kerap pula disebut sebagai rope course. Permainan yang satu ini terdiri dari bermacam jenis permainan yang terfokus pada siasat menapaki tali serta memanjat menaiki memanjat.


Ada banyak prosedur keamanan yang wajib dipatuhi pada permainan tali tinggi. Seperti wajib ada helm pelindung, kawat backing, pembimbing, serta lain serupanya.


Permainan tali tinggi ini pula dapat dimodofikasi serta dipadukan dengan berantai, alhasil akan lebih sesuai dipakai sebagai permainan outbond yang paling trend di 2023. Ilustrasi dari permainan jenis ini adalah Flying Fox, Rappeling, serta Climbing Menara.

Jenis Permainan Outbound Paling Trend
Jenis Permainan Outbound Rope Course

3. Permainan Outbound Rantai Nama


Berdialog mengenai outbond, tak lengkap rasanya bila tidak melakukan aktivitas yang mempertajam soft keterampilan supaya suasana kekeluargaan terasa. Setelah melakukan bermacam aktivitas fisik, waktunya main bebas.


Kamu dapat melakukan permainan rantai nama supaya dapat saling bersahabat. Ilustrasinya, pemeran pertama mengatakan namanya,“ Aku Basis”. Setelah itu pemeran kedua mengatakan nama pemeran pertama serta kedua secara berentetan,“ Basis, aku Gilang”, serta begitu berikutnya.


Bila ada satu saja ada pemeran yang salah mengatakan nama dari pemeran lain ataupun salah antrean, maka yakni yang akan dihukum. Permainan ini sangat sesuai dimainkan saat malam hari.


4. Menyusun yel- yel kelompok


Menyusun yel- yel pula bsia membuat bonding antar regu berjalan dengan lebih baik. Regu saling berkomunikasi serta mengeluarkan pendapatnya bila berhubungan dengan yel- yel.


Alhasil antara badan satu dengan yang yang lain juga dapat saling memahami serta berbual bersama. Setelah yel- yel jadi, maka perihal berikutnya yang wajib dilakukan adalah menunjukkan yel- yel di depan semua orang.


Tentu di antara mereka ada yang membuat yel- yel dengan membilai guyonan ataupun perkataan lucu serta bisa membuat suasana lebih hidup.


5. Lomba Bakiak


Siapa sih, yang tidak memahami permainan yang satu ini? Gapyak ialah sebutan untuk sandal kayu panjang yang dapat diguankan oleh lebih dari 1 orang.


Mereka berjalan bersama untuk dapat menggapai tujuan dengan waktu yang paling cepat. Permainan ini mencampurkan antara soft keterampilan serta hard keterampilan.


Bermacam permainan di atas sangat baik serta cocok bila dipakai sebagai permainan outbond yang paling trend di 2023.


Lakukan semua permainan di atas dalam aktivitas eksternal 2 hari serta simaklah, akan terangkai jalinan hati yang kuat antar partisipan outbond. Kamu dapat kerjasama dengan Groovy EO untuk menghandle gathering kantor di 2023 ini, alhasil kegiatan Kamu akan imbuh berkesan

11.120 tampilan0 komentar
bottom of page