top of page
  • Groovy Indonesia

BRI EMBRIO Final Event



PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mendorong peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program Embrio. Program ini merupakan corporate innovation lab BRI atas ide-ide inovasi pekerja BRI. Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Indra Utoyo mengatakan Embrio menjadi upaya BRI menggali potensi terbaik para Insan BRILian, sebutan akrab bagi karyawan BRI. Melalui program komprehensif ini, ia berharap dapat muncul ide-ide 'radikal' dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI.


Karyawan terpilih akan menjalani beberapa tahapan program Embrio. Tahapan pertama ialah identifikasi inovator. Lalu dilanjutkan dengan wawancara oleh manajemen. Terdapat delapan kriteria yang dijadikan dasar penilaian, antara lain customer centricity, innovation and creativity, decision making, critical thinking, networking, teamwork, business acumen, dan tolerance for stress. Dari ke delapan kriteria ini, customer centricity dan innovation and creativity menjadi prioritas dalam penilaian. Selanjutnya, pembentukan persona. Di tahapan ini, karyawan akan diklasifikasikan ke dalam tiga persona, yakni Product Champion (Hacker), Business Champion (Hustler), dan Customer Champion (Hipster). Nantinya, BRI menempatkan tim yang melibatkan setiap persona berbeda sebagai upaya optimalisasi ide produk.


Program ini kemudian dilanjutkan dengan pengembangan dan validasi ide inovasi yang viable secara teknis dan bisnis, namun tetap menyelesaikan permasalahan utama customer. Diketahui Digital Lending Platform menjadi contoh nyata program hasil pembinaan program Embrio, yang tercatat berhasil mengalami pertumbuhan nasabah baru hingga 478% year on year. Sementara itu, total disbursement tumbuh hingga 621% year on year., dengan platform ini menyasar pelanggan toko online dan bekerja sama dengan beberapa brand di Indonesia.


"Tidak hanya itu, Embrio juga berhasil menambahkan lima produk untuk aplikasi mobile banking BRI, seperti verifikasi pengguna baru dan sistem pembayaran, yang dapat meningkatkan pengalaman konsumen dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi bank," ujar dia. Di sesi pertemuan kali ini terdapat juga EMBRIO Batch-2 Recap yang dipaparkan oleh Pak Agus firmansyah, serta talkshow insigthfull mengenai How become the world class innovative company,banking innovation trends, customer centricity: how to understand your customer needs serta sesi penyerahan penghargaan kepada yang terbaik.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page