• Groovy Indonesia

Campaign Volunteer: Pengertian serta Tugasnya

Siapa nih yang sering di dengar dengan kegiatan online campaign volunteer tetapi belum mengerti artinya apa? Spesialnya untuk pengguna Instagram yang pastinya telah tidak asing dengan kegiatan ini sebab banyaknya promosi yang bertebaran di beranda.


Nah, apa sih sesungguhnya online campaign volunteer itu serta kegiatannya apa saja? Ayo, simak uraian berikut


Pengertian Volunteer Online


Sebelum mangulas kegiatan, ada baiknya Kamu wajib ketahui pengertiaan volunteer online terlebih dulu. Sebab erat kaitannya dengan kegiatan campaign yang dilakukan secara online.


Volunteer online itu sama kok dengan kegiatan volunteer pada biasanya. Kegiatan volunteer sendiri pada dasarnya adalah aksi sukarela untuk melakukan sesuatu kegiatan bersama dengan sesuatu organisasi serta mempunyai tujuan tertentu, misalkan di bidang pembelajaran, sosial, area, ataupun kesehatan.


Umumnya, ketika mengikuti kegiatan volunteer, partisipan diharuskan untuk berangkat ke sesuatu daerah dengan jangka waktu tertentu dengan biaya mandiri serta penuhi sebagian persyaratan seperti mengirim CV, pesan motivasi, hingga tahap wawancara dengan pihak panitia.


Tetapi, banyak kegiatan volunteer saat ini dilaksanakan melalui media sosial sehingga persyaratannya menjadi lebih gampang.


Sederhananya, volunteer online adalah kegiatan sukarelawan yang aktivitasnya dilakukan melalui media sosial.


Nah, karena platform yang digunakan adalah media sosial, kegiatan tersebut jadi lebih gampang diakses, jangka waktunya pula lebih pendek (sekitar 3–7 hari), serta bisa diiringi oleh khalayak umum.


Kemudian, kegiatannya apa saja sih bila menjadi volunteer online campaign? Lebih gampang ataupun malah lebih sulit?

Campaign Volunteer Pengertian serta Tugasnya

Kegiatan Online Campaign Volunteer


Berbeda dengan kegiatan volunteer offline, kegiatan volunteer online campaign lebih fleksibel untuk waktu penerapan ataupun tugas yang wajib dilakukan.


Tetapi wajib diingat kalau tiap organisasi memiliki tipe kegiatan serta tenggat waktu sendiri untuk programnya. Misalnya program dengan tema“ Support Group Kesehatan Mental“. Untuk kegiatan volunteer online di Instagram secara umum kegiatannya meliputi:


Mengunggah Twibbon


Twibbon adalah suatu bingkai gambar kekinian yang umumnya digunakan untuk syarat pendaftaran kegiatan volunteer online.


Para partisipan harus untuk mengunggah twibbon di akun Instagram mereka serta follow akun Instagram dari organisasi yang menyelenggarakan kegiatan volunteer.


Mengunggah Materi Campaign


Di hari- hari berikutnya, partisipan akan diberikan instruksi melalui tim untuk menggunggah materi campaign berbentuk gambar ataupun video beserta caption yang telah disiapkan oleh panitia ke akun Instagram. Jadi hanya perlu unduh gambar, salin caption setelah itu unggah!


Tetapi, tetap wajib dicermati pula ya urutan gambar yang wajib diunggah serta caption- nya. Sebab di bagian tersebut, panitia kerap memberikan kolom kosong untuk diisi oleh partisipan.


Kegiatan ini umumnya berlangsung di hari kedua sampai hari keenam, bergantung lapisan kegiatan dari pihak panitia.


Webinar


Sebagai penutup kegiatan, webinar diselenggarakan di hari terakhir kegiatan. Webinar adalah singkatan dari web serta seminar, sederhananya seminar yang diadakan secara online.


Diselenggarakan melalui platform Zoom ataupun YouTube dengan mengundang pembicara untuk memberikan informasi terpaut tema dari online campaign yang telah diselenggarakan.


Webinar ataupun workshop online adalah kegiatan yang harus dihadiri untuk partisipan yang mengharapkan sertifikat volunteer.


Setelah tahap webinar berakhir, pihak panitia melalui moderator webinar akan memberikan absensi kedatangan yang akan dinilai sebagai partisipasi partisipan pada segala kegiatan volunteer. Jadi jangan sampai terlewatkan, ya!


Manfaat Ikut Online Campaign Volunteer


Sebagian dari Kamu mungkin bingung. Bila kegiatannya online, apakah pengalamannya berguna? Persoalan ini yang paling kerap ditanyakan oleh calon partisipan volunteer online campaign. Memanglah sistem ini jauh lebih gampang tetapi bukan berarti kurangi manfaat dari kegiatan volunteer, ya.


Inilah 4 manfaat dari mengikuti volunteer online campaign:


1. Dapat relasi baru


2. Mengerti lebih dalam tentang topik yang dibahas


3. Tingkatkan kepekaan terhadap isu sosial


4. Sertifikat


Gimana nih para calon partisipan volunteer, telah ketahui kan Campaign Volunteer Pengertian serta Tugasnya Kian tertarik kan untuk menaikkan pengalaman serta kedekatan melalui online campaign? Groovy EO menyediakan informasi yang lengkap serta terkini. Silakan cek pula postingan yang lain ya.

Postingan Terakhir

Lihat Semua