• Groovy Indonesia

5 Cara Mencari Investor Untuk Startup

Kalian mungkin beranggapan untuk mempunyai usaha startup sendiri. Terpaut dengan perihal itu, apakah kalian telah mengerti gimana cara mencari investor untuk startup?


Di masa digital saat ini, jumlah startup telah semakin banyak dari waktu ke waktu. Ada sebagian startup besar yang memanglah telah diberikan dana oleh investor kelas kakap.


Tidak sedikit pula startup- startup baru yang berjuang untuk mencari investor demi berjalannya program- program yang dikerjakan.

Cara Mencari Investor untuk Startup

Cara Mencari Investor Untuk Startup

Lalu gimana cara mencari dan menarik perhatian investor supaya ingin mendanai startup- mu? Terpaut perihal tersebut, berikut Groovy EO akan menjelaskannya kepadamu.


1. Membuat Profil di AngelList


Apakah ada yang telah mendengar tentang AngelList? Dikutip dari The Muse, AngelList ialah situs yang mempermudah startup serta investor untuk saling mengenali satu sama lain.


Kalian dapat membuat profil startup terlebih dulu di situs tersebut secara lengkap. Perihal itu meliputi informasi detail tentang perusahaan, produk ataupun layanan yang ditawarkan, serta anggota regu.


Saat kalian telah mengisinya, perihal tersebut akan mempermudah investor untuk mengenali informasi- informasi terpaut startup- mu.


Pastikan isi datanya dengan detail serta menarik biar ada investor yang tergiur untuk memberikan dana kepadamu.


Kelebihan dari AngelList adalah situs ini mengelompokkan investor bersumber pada daerah ataupun industri.


2. Manfaatkan Network


Network ialah salah satu perihal yang penting untuk membangun startup- mu, paling utama saat lagi mencari investor.


Dikutip dari The Balance Careers, untuk menemukan investor yang tepat kalian wajib menggunakan network dengan baik.


Kalian dapat masuk ke dalam komunitas startup lokal maupun minta rekomendasi kepada temanmu yang sempat didanai oleh investor.


Dengan begitu, kalian dapat bingung kepada mereka soal investor yang sesuai untuk startup- mu serta gimana triknya presentasi di depan investor nanti.


Jadi, manfaatkan serta pertahankan network- mu dengan baik.


3. Mendatangi Event


Cara lain mencari investor untuk startup adalah dengan mendatangi suatu event teknologi yang ada.


Sebagai contoh, umumnya di Jakarta ada kegiatan Tech In Asia Conference yang dihadiri oleh ribuan partisipan. Lingkup partisipan itu terdiri dari bermacam golongan mulai dari penggiat teknologi, startup, investor, serta sebagainya.


Bila membolehkan, kalian dapat mengikuti event internasional seperti WebSummit, serta sebagainya.


Dengan mendatangi event- event seperti itu, kalian dapat menaikkan network dan menemukan investor yang sesuai dengan startup- mu.


4. Manfaatkan Media Sosial


Dikutip dari Forbes, media sosial masih menjadi cara yang terbaik untuk startup maupun entrepreneur untuk mencari investor maupun melakukan branding.


Kalian dapat mencari media sosial venture capital yang ada di Indonesia serta mencari- cari informasi gimana triknya dapat mendapatkan investasi dari perusahaan tersebut.


Di Indonesia ada banyak sekali venture capital, seperti East Ventures, MDI Ventures, serta sebagainya.


Bagi Forbes, mengirim direct message kepada mereka dengan memperkenalkan diri bisa membuat mereka tertarik.


5. Program Inkubator Startup


Program inkubator ataupun akselerator ialah salah satu cara untuk bisa membantu perkembangan startup serta mendapatkan investor.


Dikutip dari Tech In Asia, ada sebagian program inkubator startup yang dapat diiringi, seperti Remake City Jakarta, Digitaraya, 1000 Startup Indonesia, serta sebagainya.


Dengan mengikuti program tersebut, kalian dapat tersambung langsung dengan investor serta menaikkan jaringan ke sesama startup.


Itu ia 5 cara mencari investor untuk startup. Tidak hanya soal kerja sama regu, membangun startup pula soal finansial. Oleh sebab itu, cari investor yang tepat untuk membangun startup ke depannya.

Postingan Terakhir

Lihat Semua