top of page
  • Groovy Indonesia

Dress Code: Panduan Lengkap untuk Berbusana Sesuai Etika dan Kebutuhan

Pilihan pakaian yang tepat adalah bagian penting dari penampilan seseorang dalam berbagai kesempatan. Dress code atau aturan berbusana menjadi pedoman yang penting untuk menciptakan kesan yang tepat sesuai situasi. Mulai dari formal, semi-formal, hingga kasual, berikut ini adalah panduan lengkap tentang dress code untuk membantu Anda memahami aturan dan prinsip di balik setiap kategori.


1. Formal


a. Black Tie

Dress code Black Tie umumnya dipakai dalam acara-acara formal seperti pesta pernikahan, gala, atau acara resmi lainnya. Untuk pria, mengenakan setelan jas hitam lengkap dengan dasi hitam adalah wajib. Sedangkan untuk wanita, gaun panjang atau gaun koktail elegan dengan aksesori yang sesuai adalah pilihan yang tepat.


b. White Tie

Dress code ini merupakan yang paling formal. Pria diharapkan mengenakan frak atau jas paling formal dengan dasi putih, sementara wanita diharapkan mengenakan gaun malam yang sangat formal dan aksesoris yang mencolok.


2. Semi-Formal


a. Cocktail Attire

Untuk pria, mengenakan setelan jas dengan warna yang lebih variatif dan pakaian yang sedikit lebih santai dibandingkan formal. Sedangkan wanita bisa memilih gaun pendek atau setelan yang lebih bergaya dibandingkan pakaian formal.


b. Business Formal

Dress code ini biasanya digunakan di tempat kerja atau acara bisnis. Pria diharapkan mengenakan setelan jas dengan dasi, sementara wanita bisa memilih antara gaun formal atau setelan yang profesional.

Dress Code

3. Kasual


a. Smart Casual

Pilihan yang lebih santai namun tetap terlihat rapi dan sopan. Pria bisa memilih antara kemeja berkerah dengan celana chino, sementara wanita bisa memilih antara blouse dengan rok midi atau celana panjang yang rapi.

b. Casual

Aturan paling longgar dalam dress code. Pakaian yang nyaman seperti jeans, kaos, dan sepatu santai cocok untuk acara informal, pertemuan teman, atau kegiatan santai lainnya.


Tips untuk Memilih Dress Code yang Tepat:


  1. Pahami Acara/Aktivitas: Ketahui jenis acara atau kegiatan yang akan dihadiri untuk menyesuaikan dress code.

  2. Perhatikan Detail: Detail pakaian seperti warna, aksesori, dan sepatu juga memainkan peran penting dalam dress code.

  3. Kenali Aturan Dasar: Mengetahui aturan dasar dress code membantu untuk memilih pakaian yang tepat.

  4. Jangan Takut Bertanya: Jika masih ragu, jangan malu untuk bertanya kepada tuan rumah acara atau pihak yang bersangkutan.


Dress code adalah panduan yang membantu menciptakan kesan yang tepat dalam berbagai situasi. Dengan memahami aturan dasar dan mengikuti prinsip-prinsip yang relevan dengan setiap kategori dress code, Anda dapat tampil sesuai dengan kebutuhan acara atau aktivitas yang dihadiri.


Artikel ini memberikan panduan umum untuk dress code, namun selalu penting untuk mempertimbangkan norma budaya dan situasi spesifik dalam menentukan pakaian yang sesuai. Semoga panduan ini membantu Anda memilih pakaian dengan lebih percaya diri sesuai dengan dress code yang tepat!


logo groovy-13.png
bottom of page