top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Festival Karya Kreatif Benuanta di Tarakan


Karya Kreatif Benuanta

Dalam rangka menyukseskan program Gerakan Nasional (Gernas), Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI) tahun 2023, pemerintah menggelar Festival Karya Kreatif Benuanta dengan tema “Menyatu dalam Harmoni Benuanta” di Tarakan, Kalimantan Utara. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ditunjuk sebagai co-campaign manager berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Bank Indonesia selaku campaign manager.


Dirayakan selama 2 hari berturut-turut acara Festival Karya Kreatif Benuanta dibuka dengan tarian selamat datang "Tari Rutantara". Dalam pelaksanaannya acara ini terbagi menjadi 3 panggung yakni, 1 panggung yang menjadi tempat opening ceremony, 1 Panggung Literasi yang menjadi tempat penyampaian materi "Rupiah Dalam Diksi", dan terkahir panggung Bincang QReative dimana menjadi tempat talkshow "Milenial Paham Finansial" dilakukan.


Karya Kreatif Benuanta

Menjadi penutupan dihari pertama beberapa Band berkolaborasi dengan Sanggar Tari menampilkan penampilan spektakuler. Hari kedua acara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, membuka acara tersebut dengan video keynote speech. Beliau menyampaikan bahwa sejak peluncuran Gernas BBI telah tercapai sekitar 22,68 juta onboarding UMKM per Juni 2023.


“Gernas BBI juga berhasil mendorong peningkatan belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN). Melalui sistem pengadaan e-katalog maka UMKM/IKM/Artisan lokal memiliki peluang untuk mendapatkan pasar pemerintah,” Ucap Luhut.


Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti pada sambutannya menjelaskan bahwa Festival Karya Kreatif Benuanta adalah acara tahunan yang merupakan sinergi Bank Indonesia, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dalam memajukan provinsi Kalimantan Utara.


Selaku tuan rumah, provinsi Kaltara terus mendorong penggunaan produk dan konsumsi pangan lokal. Penggunaan batik Kaltara, dijelaskan Zainal wajib digunakan oleh ASN dan berbagai dinas di Kaltara, termasuk penggunaan singal; penutup kepala khas Kaltara sebagai bentuk aksi pengunaan produk lokal. Dalam sesi konferensi pers setelah acara, Zainal juga turut menekankan soal produk-produk lokal yang menjadi kebanggaan Kaltara seperti beras krayan; beras organik tanpa pupuk kimia, bandeng krayan, dan garam krayan; garam spesial yang berasal dari dataran tinggi Krayan. Produk tersebut diharapkan mampu terus dieksplor sebagai unggulan Kaltara.


Sebagai bentuk dukungan dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan pemberdayaan UMKM, pada Festival Karya Kreatif Benuanta turut dilakukan penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dan pengumuman pemenang UMKM Champion GBBI.


Sebagai rangkaian acara puncak atau harvesting Gernas BBI, sehari sebelumnya (19/8) juga berlangsung Forum Digitalk dengan tema “Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM” yang memberikan sosialisasi terkait peran izin usaha dan pentingnya sertifikasi halal guna meningkatkan kualitas produk dan memenuhi kebutuhan konsumen.


Di hari kedua acara Festival Karya Kreatif Benuanta acara ditutup dengan penampilan ADA Band yang mengemparkan antusias warga untuk datang ke lokasi menikmati suasana meriah dari acara Festival Karya Kreatif Benuanta.


Groovy sebelumnya dipilih dan mandatory menjalankan Karya Kreatif Banten di Mall Summarecon Serpong 2022. Kini Groovy kembali mendapat kepercayaan untuk menjalankan program acara Festival Karya Kreatif Benuanta di Tarakan. Memberangkatkan 12 tim ke pulau Kalimantan Utara dengan membawa tugas besar membuat kami merasa bangga bisa mendapat kepercayaan besar dari Bank Indonesia untuk menjalankan acaranya.


Groovy memegang penuh kendali proses acara yang berlangsung sesuai dengan arahan tim Bank Indonesia. Menemukan Event Organizer yang di sukai anak-anak muda jaman sekarang memang banyak. Tapi apakah pernah Anda menemukan EO yang digandrungi klien-klien BUMN? Siapa sih? Groovy Event Organizer jawabannya.


Karena konsep acara yang tersusun rapi secara profesional, responsible, dan juga responsive klien BUMN seperti Bank Indonesia, PERTAMINA, Wika, Kominfo, Taspen, ASPI, dan klien BUMN lainnya mempercayai Groovy sebagai partner EOnya.


Mau acara Anda megah seperti Festival Karya Kreatif Benuanta? Hubungi contact person kami untuk detail acara.

57 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Corporate Event Gathering PT Transportasi Gas Indonesia

PT Transportasi Gas Indonesia mengadakan sebuah Corporate Gathering Event dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-22. Groovy sebagai event organizer telah dipercaya untuk membantu mengadaka

Yorumlar


bottom of page