• Groovy Indonesia

Bisnis Jasa Event Organizer? Ini Faktor Suksesnya!

Kamu tentu telah tidak asing dengan istilah event organizer ataupun yang biasa diketahui dengan sebutan EO. Bisnis ataupun jasa event organizer adalah eksekutor kegiatan yang bekerja untuk mengonsep, melangsungkan, dan mengendalikan kegiatan. EO adalah layanan jasa yang bergerak di aspek kegiatan, baik rasio kecil ataupun besar.


Di Indonesia sendiri penyelenggaraan event secara handal pertama kali adalah penyelenggaraan Asia- Afrika yang diselenggarakan pada tahun 1955 di Bandung.


Berikutnya adalah event berolahraga yang diprakarsai oleh presiden Soekarno ialah Games of Emerging Force ataupun GANEFO pada tahun 1963.


Umumnya, jasa event organizer dipakai pada kegiatan musik, seminar, hingga perkawinan memakai jasa mereka.


Kehadiran event organizer tentu sangat membantu konsumen yang mau melangsungkan kegiatan tetapi tidak memiliki waktu dan sumber daya yang mencukupi.


Event Organizer akan membuat kegiatan Kamu berjalan lebih baik serta mudah, sebab mereka telah mempunyai pengalaman dan crew yang membantu berjalannya kegiatan, alhasil kegiatan akan berjalan lebih gampang dibandingkan bila Kamu wajib melakukan segalanya sendiri.


Mendirikan bisnis ini tentu bukanlah gampang. Kamu wajib memulai dari event kecil terlebih dulu, supaya setelah itu dapat menangani event yang lebih besar.


Sebelum memakai jasa bisnis Kamu, konsumen tentu mau melihat portofolio kegiatan yang telah sempat Kamu selenggarakan tadinya.


Bila kegiatan tadinya berhasil, peluang Kamu untuk diseleksi menjadi event organizer juga akan lebih besar.


Memahami Bisnis Jasa Event Organizer Lebih Jauh


Sebelum memahami apa itu jasa event organizer Kamu perlu mengenali apa itu event serta apa jenis- jenisnya. event bila didefinisikan sebagai kata tunggal sesuatu barang adalah kejadian, peristiwa pada satu momen.


Sebaliknya dari bidang bisnis event adalah sesuatu peristiwa yang direncanakan untuk khalayak dengan dorongan tertentu.


Bisnis Jasa Event Organizer Ini Faktor Suksesnya
Bisnis Jasa Event Organizer Ini Faktor Suksesnya

Tipe Event Organizer Sesuai Skala


Event dibagi menjadi sebagian tipe sesuai rasio penyelenggaraannya


1. Awan Event, ialah event yang diselenggarakan selama 4 ataupun 5 tahun sekali, salah satunya adalah Olympics.


2. Hallmark Event, ialah penyelenggaraan event yang dilakukan selama satu tahun sekali serta umumnya mempunyai identitas pada daerah penyelenggaraannya misalnya, Jember Mode Carnaval


3. Major Event, ialah event yang diselenggarakan pada momen tertentu ataupun keramaian tertentu serta belum tentu terulang di setelah itu hari misalnya, Brand Activation Jurnal


4. Minor Event, ialah keramaian event yang diselenggarakan secara lokal dengan rasio kecil. misalnya, keramaian perkawinan.


Tipe- tipe Event


Sebagai event organizer, penting pula gimana mengenali tipe event untuk memastikan pasar. Sejatinya event itu dibagi menjadi 2; special event serta pula MICE.


  • MICE


Mungkin untuk beberapa Kamu masih bimbang apa itu MICE, anak tikus? bukan, MICE adalah akronim dari Rapat, Incentive Travel, Convention, and Exhibition.


MICE ialah inti dari suatu event serta dalam penyelenggaraannya menginginkan keahlian serta kompetensi khusus seperti yang dituturkan tadinya.


1. Rapat, adalah event berbentuk pertemuan pada perkumpulan dengan jumlah partisipan yang fokus serta sedikit, ilustrasi rapat adalah; outbreak sessions, VIP rapat, CEO breakfast.


2. Incentive Travel, di Indonesia sendiri tipe ini sangat jarang serta umumnya hanya dilakukan oleh perusahaan swasta. Salah satu incentive travel adalah; Business Trip in Serengeti, Manager Awarding,


3. Convention, adalah suatu pertemuan yang dihadiri oleh banyak orang tertentu dengan tujuan tertentu untuk menyudahi sesuatu perihal. Kesepakatan pula dibagi menjadi sebagian tipe ialah; rapat, summit, FGD, serta lain serupanya. ilustrasi dari kesepakatan adalah: Asia- Africa Conference serta ASEAN summit.


4. Exhibition, adalah pameran ialah event yang diselenggarakan untuk menadah pedagang serta konsumen pada industri tertentu. Exhibition sendiri dipecah menjadi 2 ialah Business- to- Consumer ataupun biasa disebut Fair, ataupun Business- to- Business yang biasa disebut Trade.


  • Special Event


Special event adalah event- event yang dilakukan selain dari MICE. special event pula umumnya diselenggarakan untuk tujuan tertentu. Berikut tipe- tipe special event secara umum;


1. Marketing event, adalah event yang bermaksud sebagai alat penjualan suatu produk. tujuan dari marketing event adalah memberikan kekuatan, awareness, komunikasi, bahkan mengakibatkan terdapatnya alterasi yang dilakukan pelanggan. ilustrasi dari marketing event adalah: brand activation serta product launching.


2. Sport Event, adalah event yang dikhususkan pada penyelenggaraan berolahraga serta umumnya dilakukan pada rentang waktu tertentu. ilustrasi: Olympics serta World Cup.


3. Corporate Event, adalah event yang dikhususkan untuk menyelenggarakan event- event kebutuhan perusahaan. misalnya; outing, event kenaikan mutu SDM.


4. Government Event, adalah event yang dikhususkan untuk menyelenggarakan event- event pemerintah misalnya penyelenggaraan pameran kerajinan oleh Kementeruan Koperasi serta UMKM


5. Pergelaran, ialah event yang bermaksud untuk menyelenggarakan sesuatu momen tertentu serta pergelaran pula umumnya berfokus pada komunitas tertentu. Misalnya; pergelaran buku, pergelaran musik, ataupun pergelaran kerajinan.


6. Social Event, adalah event yang diselenggarakan secara umum misalnya; wedding serta birthday party.


Faktor Suksesnya Bisnis Jasa Event Organizer


Tiap aktivitas termasuk penyelenggaraan event mempunyai aspek determinan keberhasilan.


Kemudian apa saja yang memastikan keberhasilan suatu event organizer?


Penyelenggaraan event iris kaitannya dengan gimana serta apa tujuan suatu event terbuat.


Kondisi ataupun dorongan pula perihal yang akan memastikan gimana strategi suatu event organizer untuk menyelenggarakan suatu event contoh; sasaran pasar, finansial, serta pula tools yang dipakai.


kondisi ataupun dorongan ini pula sangat erat kaitannya dengan rumor, alhasil EO bisa mengetaui peluang event apa yang akan terbuat.


Misalnya, rumor omnibus law yang lagi hangat. suatu EO bisa membuat event yang erat kaitannya dengan omnibus law misalnya seminar ataupun dialog omnibus law untuk para pekerja serta industri


Konten sangat berkaitan dengan kondisi. Konten sangat membiasakan dengan kondisi yang dinaikan dalam sebuat event.


Konten adalah gimana kita bisa mendesain serta melaksanakan suatu event dengan baik alhasil tujuan dari event itu terbuat bisa tersampaikan pada audiens.


Suatu konten pula wajib menarik serta bisa memberikan pengalaman berbeda pada masing- masing penyelenggaraannya. Konten yang menarik bisa pula tingkatkan penahanan audiens event Kamu.


Tiap bisnis apapun menginginkan suatu koneksi termasuk EO. Suatu event organizer wajib mempunyai koneksi yang baik. EO wajib membuat koneksi dengan sebagian pihak seperti pemerintah, komunitas, organisasi, vendor, ataupun EO lain.


Engagement ini pula bisa menghasilkan peluang lain dalam membuat suatu event.


Misalnya Kamu bisa membuat event yang berkolaborasi dengan kementerian pariwisata dalam menyelenggarakan event pelatihan ataupun identifikasi pariwisata.


Aspek keberhasilan berikutnya adalah modal. Modal pada penyelenggaraan event sesungguhnya lebih berfokus pada sumber daya manusia- nya.


Kamu bisa menyelenggarakan event dengan modal nihil rupiah tetapi Kamu tidak dapat mendapatkan sumber daya orang yang betul- betul memahami suatu penyelenggaraan event.


Mengapa Sumber Daya Orang? Sejatinya kompetisi event adalah gimana Kamu mempunyai SDM yang mempunyai kompetensi di aspek event terlebih bila Kamu berfokus pada event- event pemerintahan.


Lembaga ataupun pemerintahan umumnya membuka peluang lelang EO serta meminta kompetensi SDM.


Kompetensi pada event mencakup; destination/ venue management, liaison officer, bidding, negotiation, sponsorship, registration, conference, serta lain serupanya.


Kamu pula bisa mendapatkan sertifikat pekerjaan khusus Event dengan mengikuti tes kompetensi yang dilaksanakan oleh badan sertifikasi MICE.


Aspek kesuksen yang lain adalah komunikasi. Membuat komunikasi adalah perihal terutama untuk event organizer.


Komunikasi pula bisa membuat komitmen tiap stakeholder event.


Siapa saja yang perlu Kamu engage dalam membuat komunikasi pada penyelenggaraan event? Di antaranya adalah; pemerintah, federasi, organisasi, komunitas, vendor, penanam modal, serta pula audiens event Kamu.


Mengalami bisnis EO yang semaki agile serta pula volatile. Kamu perlu mengatur bisnis jasa event organizer dengan komputerisasi sistem.


Komputerisasi ataupun otomasi adalah gimana Kamu bisa mengatur sistem ataupun pekerjaan tertentu dengan dorongan alat.


Seperti sistem aturan mengurus finansial ataupun aturan mengurus absensi memakai aplikasi ponsel pintar.


Mengenali tipe- tipe event Kamu bisa memastikan event apa yang Kamu fokuskan dalam memulai bisnis jasa event organizer.


Kamu pula bisa membiasakan pula bersumber pada 6 aspek keberhasilan dalam menyelenggarakan event.


Tips Bisnis Event Organizer yang Perlu Kamu Ketahui


Bila Kamu mau bergulat dalam bisnis inovatif yang satu ini, ikuti tips berikut yang dapat Kamu simak untuk mendirikan bisnis event organizer yang berhasil.


  • Menyebarkan Perihal Positif Melalui Event


Saat mengadakan suatu kegiatan, janganlah hanya fokus pada keuntungan saja. Mungkin Kamu dapat melangsungkan penggalangan dana ataupun kebaikan dalam kegiatan Kamu. Umumnya, kegiatan yang melangsungkan penggalangan dana akan marak peminat.


Tetapi, tentu saja perihal ini hanya dapat dilakukan di kegiatan tertentu, seperti kegiatan hiburan ataupun seminar.


Dengan begitu, selain berhasil, kegiatan yang Kamu selenggarakan akan mendapat manfaat terhadap orang lain yang lagi menginginkan.


Dorongan ini dapat disalurkan ke komunitas yang menginginkan, ataupun pula untuk korban musibah alam.


  • Bangun Kedekatan Dengan Klien


Untuk mengadakan kegiatan dengan rasio besar, tentu diperlukan biaya yang besar untuk mengundang bentuk dengan nama yang cukup diketahui oleh orang banyak.


Disinilah Kamu dapat menggunakan jaringan yang Kamu miliki. Melalui kedekatan yang dipunyai, Kamu dapat mendapat dukungan dana seperti sponsor dari bermacam golongan.


Maka dari itu, cobalah bangun kedekatan terhadap konsumen. Bila Kamu mengadakan kegiatan yang berhasil, tentu konsumen akan yakin dengan Kamu.


Dengan terdapatnya keyakinan, tentu konsumen tak enggan untuk membantu Kamu dalam menjalankan kegiatan.


Selain itu, bila konsumen puas dengan kegiatan yang Kamu selenggarakan, mereka pula tentu akan memberitahu relasinya yang lain mengenai event organizer kepunyaan Kamu, serta dapat menjadi peluang terkini untuk Kamu.


  • Mencari Sponsor Untuk Acara


Sponsor berfungsi penting dalam kegiatan Kamu. Tanpa sponsor, Kamu wajib mengeluarkan biaya yang cukup besar supaya kegiatan berjalan dengan berhasil.


Sponsor dapat Kamu cari melalui kedekatan yang Kamu memiliki. Bila mempunyai banyak kedekatan, umumnya mereka mempunyai bisnis ataupun memahami seorang di perusahaan tertentu yang dapat memberikan kamu sponsor.


Dengan sumber daya yang terbatas, Kamu tentu akan tertolong dengan terdapatnya sponsor.


Tentu Kamu perlu mengenang kalau ini adalah ikatan sponsorship, alhasil Kamu perlu memberikan keuntungan untuk pemberi sponsor.


Tanpa keuntungan, tentu sang pemberi sponsor merasa kurang percaya untuk menanamkan uangnya pada event organizer Kamu.


Sistem sponsorship ini tidak hanya berlaku untuk pengusaha ataupun perusahaan. Kamu pula dapat menjalakan sponsorship dengan bermacam vendor, seperti vendor sound system, pentas, hingga lighting yang tentunya diperlukan untuk mensukseskan kegiatan yang Kamu titel.


  • Tingkatkan Pemahaman Terhadap Kondisi Sosial


Salah satu kunci berhasil yang perlu diaplikasikan ialah event organizer wajib liabel terhadap kondisi sosial sekitar.


Selain mencari keuntungan melalui mengadakan event, Kamu pula dapat memberikan akibat yang positif untuk orang sekitar.


Salah satu cara yang dapat Kamu lakukan tentunya melalui penggalangan dana, seperti yang telah diulas tadinya.


Saat Kamu melakukan penggalangan dana, pastikan uang kebaikan yang telah terkumpul disalurkan ke pihak yang memanglah menginginkan.


Dengan mempunyai pemahaman sosial, secara tidak langsung Kamu membuat orang lain yakin pada bisnis event organizer Kamu, serta tak enggan untuk memakai jasa Kamu.


  • Fokus Sebagai Event Organizer


Terakhir, supaya bisnis event organizer Kamu berhasil serta dapat menyelenggarakan kegiatan dengan rasio yang besar, ialah Kamu wajib fokus terhadap tujuan awal sebagai event organizer.


Bila sesuatu saat Kamu kandas dalam melangsungkan kegiatan, janganlah gampang berserah serta cobalah untuk fokus mengejar tujuan Kamu.


Terus cari gagasan terkini hingga sukses. Dengan pembaruan, tentunya Kamu akan semakin meningkatkan bisnis event organizer Kamu.


Meluaskan jaringan serta menginovasi rancangan kegiatan akan membuat event organizer kamu diketahui sebagai suatu yang berbeda. Maka pelangganpun akan senantiasa suka dengan jasa Kamu.


Mendapat penolakan dari penanam modal di awal- awal ialah perihal yang alami. Dari penolakan tersebut, Kamu dapat melakukan mawas diri terhadap rancangan kegiatan yang Kamu untuk, supaya menjadi lebih baik.


Berikut ialah tips untuk mendirikan bisnis event organizer. Selain 5 tips tersebut, Kamu pula wajib memastikan sebagian perihal pokok dalam bisnis yang wajib dipadati supaya sanggup berhasil dalam berbisnis.


Antara lain ialah mempunyai regu yang keras, profesional, mencari ide ide terkini, dan manajemen yang baik, ataupun itu antar pegawai ataupun manajemen finansial.


Nah, itulah pembahasan tentang bisnis jasa Event Organizer & Faktor suksesnya. Bila kalian mau merancang beberapa acara besar, seperti ulang tahun, perkawinan, seminar, ataupun yang lain, Groovy EO dapat membantu kalian. Suka rasanya kita senantiasa sedia untuk merancang kegiatan yang bernilai ini, Tunggu apalagi hubungi kita sekarang juga.

Postingan Terakhir

Lihat Semua