• Groovy Indonesia

Membuat Giveaway Instagram Yang Gampang & Efektif

Alterasi strategi marketing melalui Instagram memanglah tidak ada habisnya. Saat ini, membuat konten kreatif saja tidak cukup untuk memperluas jangkauan penjualan sesuatu produk ataupun jasa.


Salah satu strategi marketing kekinian yang bisa dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal melalui Instagram adalah giveaway.


Untuk pengguna aktif Instagram tentu tidak asing dengan aksi giveaway. Aksi ini diawali dari sesuatu brand yang mau mempromosikan produknya pada audiens baru.


Tetapi saat ini, giveaway tidak hanya dilakukan oleh sesuatu brand, para content creator serta influencer juga ikut meramaikan aksi giveaway untuk menaikkan followers dan jumlah interaksi akun Instagramnya.


Nah, untuk para owner bisnis baru ataupun content creator yang mau mencoba membuat giveaway tetapi masih belum mengerti gimana langkah- langkahnya, berikut cara membuat giveaway Instagram

Cara Membuat Giveaway Instagram

Tips & Trik Cara Membuat Giveaway Instagram


1. Menetapkan Tujuan Giveaway


Langkah pertama adalah memastikan tujuan dari giveaway yang diselenggarakan.


Biasanya, giveaway bertujuan untuk menaikkan followers serta jumlah interaksi akun Instagram, tingkatkan brand awareness serta engagement rates dan memaksimalkan penjualan sesuatu produk ataupun jasa.


Tujuan giveaway adalah perihal yang wajib direncanakan dengan matang sebab akan memastikan mekanisme penerapan giveaway berikutnya.


2. Menetapkan Jangka Waktu Giveaway


Waktu penerapan giveaway bisa dirancang ketika tujuan dari giveaway tersebut telah tentu.


Dengan terdapatnya tujuan yang khusus, jangka waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut juga bisa diprediksi.


Misalnya, ketika jangka waktu giveaway yang diresmikan adalah 3 hari, maka Kamu dapat memberikan 2 syarat saja untuk partisipan giveaway biar para partisipan tidak kesusahan untuk memenuhi persyaratan dalam jangka waktu yang singkat.


3. Memastikan Sasaran Audiens


Memastikan sasaran serta kriteria partisipan giveaway adalah aspek yang wajib dicermati untuk penyelenggara giveaway.


Sasaran audiens wajib disesuaikan dengan produk ataupun jasa yang dijual sehingga giveaway bisa berjalan dengan mudah.


Misalnya, bila brand Kamu identik dengan produk kecantikan dari Korea Selatan, maka sasaran audiens yang akan tertarik mengikuti giveaway adalah pecinta kosmetik ataupun mungkin saja fans KPop.


Sesuaikan sasaran audiens dengan tujuan serta produk ataupun jasa yang Kamu tawarkan sehingga strategi giveaway bisa memberikan manfaat yang besar untuk pertumbuhan brand Kamu.


4. Memastikan Giveaway Mandiri ataupun Kerja Sama


Ada 2 cara membuat giveaway ialah dengan melakukan seluruh proses giveaway secara mandiri ataupun bekerja sama dengan brand lain ataupun influencer.


Perihal yang perlu dipertimbangkan di kedua opsi ini adalah besarnya hadiah dari giveaway. Bila Kamu memutuskan untuk bekerjasama dengan orang lain maka umumnya hadiah yang diberikan akan lebih besar nilainya.


Selain itu, bekerjasama dengan orang ataupun brand lain memanglah bisa memesatkan penyebaran informasi giveaway. Tetapi, tidak menutup mungkin bila konsep giveaway yang sudah direncanakan menarik, maka banyak partisipan yang ikut dan menyebarkan informasi.


Jadi, sebelum beranjak ke proses berikutnya, mekanisme penerapan giveaway secara mandiri ataupun bekerja sama perlu ditentukan.


5. Memastikan Hadiah Giveaway


Ketika segala langkah tadinya telah dilakukan, saat ini saatnya Kamu memastikan hadiah giveaway. Hadiah dari giveaway banyak variasi, lebih baik disesuaikan dengan brand serta tujuan Kamu membuat giveaway.


Misalnya, bila tujuannya adalah brand awareness serta produk Kamu adalah makanan ringan, voucher diskon ataupun sebagian produk makanan ringan free bisa dijadikan opsi hadiah giveaway.


Contoh lain, bila tujuan Kamu adalah mempromosikan bisnis jasa titip album KPop, sebagian album KPop terkini bisa dijadikan opsi hadiah.


Opsi hadiah ini pula berpotensi tingkatkan followers serta minat konsumen untuk membeli produk ataupun memakai jasa Kamu.


6. Membuat Persyaratan Giveaway


Persyaratan giveaway adalah kunci yang memastikan sukses ataupun tidaknya sesuatu giveaway.


Persyaratan giveaway yang terbuat wajib sesuai dengan jangka waktu yang sudah diresmikan.


Biasanya, persyaratan giveaway adalah partisipan wajib follow Instagram, memberikan pendapat pada unggahan giveaway, tag 3 sahabat serta repost unggahan tersebut di Instagram story. Segala persyaratan tersebut bisa dilakukan partisipan hanya dalam waktu 15 menit saja.


Dengan memudahkan persyaratan, partisipan akan semakin tertarik untuk mengikuti giveaway Kamu.


Selain itu, informasi terpaut persyaratan ini pula wajib dipaparkan dengan baik pada para partisipan untuk menjauhi kesalahpahaman.


7. Membuat Hashtag Giveaway Instagram


Hashtag bisa digunakan untuk memberitahukan informasi dan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan giveaway.


Dengan memakai hashtag, para calon partisipan akan lebih gampang untuk mencari informasi dari partisipan lain yang telah memenuhi persyaratan serta penyelenggara pula bisa melihat pertumbuhan program giveaway.


Buatlah hashtag yang terpaut dengan produk, layanan, ataupun bisnis Kamu serta pastikan hashtag gampang dieja serta diingat.


8. Menetapkan Sistem Pemilihan Pemenang Giveaway


Setelah rangkaian cara membuat giveaway Instagram tadinya sudah dilakukan, langkah berikutnya adalah menetapkan sistem pemilihan pemenang giveaway.


Penentuan sistem pemilihan pemenang hendaknya direncanakan secara matang untuk menjauhi hal- hal yang berpotensi merugikan partisipan serta brand image Kamu.


Pemilihan pemenang bisa mengacu pada kelengkapan persyaratan yang sudah terbuat ataupun memakai aplikasi random picker.


Pastikan untuk memberikan informasi yang jelas pada partisipan terpaut sistem pemilihan pemenang selama periode giveaway.


9. Promosikan Giveaway Instagram


Ketika periode giveaway telah diawali, jangan lupa untuk giat mempromosikan giveaway untuk menarik lebih banyak audiens.


Bila persyaratan giveaway yang sudah terbuat mencangkup repost unggahan terpaut giveaway ataupun tag sahabat pada unggahan tersebut, informasi memanglah akan tersebar lebih cepat.


Tetapi, bila persyaratan yang terbuat hanya follow akun brand maka buatlah 1 unggahan Instagram story per hari selama periode giveaway untuk menegaskan audiens kalau program giveaway masih berlangsung.


Kamu pula dapat tag akun lain untuk membantu promosi giveaway untuk menggaet lebih banyak partisipan.


Seperti itu sebagian cara membuat giveaway Instagram yang gampang & efektif untuk menaikkan alterasi strategi marketing serta memaksimalkan usaha Kamu melalui Instagram.

Postingan Terakhir

Lihat Semua