• Groovy Indonesia

Pengertian Moderator: Tugas & Saran Untuk Webinar

Tidak jarang Kamu menemukan moderator di bermacam kegiatan mengenai debat, dialog, seminar, hingga webinar sebagai pembawa kegiatan.


Menjadi moderator juga tentu bukanlah gampang, karena moderator sebagai penggerak kegiatan dari awal sampai akhir serta mengupayakan seluruh cara supaya kegiatan berjalan sesuai harapan.


Fungsi moderator yang krusial, kesimpulannya membuat banyaknya organisasi memerlukan terdapatnya moderator.


Terlebih dalam masa pandemi COVID-19 yang membuat semakin banyaknya kegiatan spesialnya webinar lebih gampang untuk diselenggarakan secara terbuka. Lalu, apa itu moderator yang sebetulnya?


Pengertian Moderator


Moderator pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dimaksud dengan orang yang berperan sebagai penengah, pemimpin persidangan/ rapat/ dialog yang menjadi pengarah pada kegiatan pembicaraan ataupun pendiskusian permasalahan.


Dengan kata lain, moderator bisa dimaksud sebagai perantara ataupun bahkan pemimpin dalam sesuatu kegiatan yang digunakan untuk mengendalikan suasana.


Mengapa Wajib Ada Moderator?


Untuk menjadi moderator webinar, Kamu perlu mengenali sebagian tugasnya, yaitu:


1. Mengawasi kegiatan dari awal hingga akhir supaya berjalan kondusif


2. Memastikan topik pembicaraan webinar yang diresmikan sesuai ketika kegiatan berlangsung


3. Memberikan pengumuman hingga peringatan untuk narasumber serta partisipan webinar bila ada yang tidak sesuai dengan keberlangsungan webinar


4. Memandu serta mengatur webinar dengan menyediakan bermacam topik pembicaraan yang relevan


5. Membangun ikatan antara narasumber serta audiens.


Asik, bukan? Berikutnya, akan dipaparkan mengenari persiapan serta saran untuk moderator webinar.

Pengertian Moderator Tugas dan Saran Untuk Webinar

Apa yang perlu disiapkan untuk moderator webinar?


1. Berpenampilan Rapi


Yakin ataupun tidak, Kamu sendiri juga akan lebih aman ketika melihat lawan bicara yang berdandan apik, bukan? Maka dari itu, penampilan adalah no 1 bila Kamu mau menjadi moderator webinar, terlebih bila ini ialah peluang pertama untuk menjadi moderator!


Tatalah dari rambut, wajah, hingga baju supaya nampak handal serta expert di audiens webinar.


Jangan lupa untuk berada di ruangan yang tidak gampang diganggu orang sekitar, berlatar belakang yang tidak mengganggu fokus audiens, ataupun bisa pakai fitur virtual latar belakang yang ada di aplikasi Zoom.


2. Riset Topik Webinar


Sehebat apapun moderator yang sempat Kamu temui, orang tersebut tentu sebab bisa menjalankan kegiatan webinar dengan baik.


Tentunya, untuk menjalankan webinar yang berhasil, Kamu perlu mengenali topik webinar hingga apa saja yang akan dibahas oleh narasumber.


Perihal ini dibutuhkan supaya Kamu tetap bisa memandu kegiatan serta memberikan persoalan untuk selingan kegiatan bila diperlukan sewaktu- waktu.


3. Riset Narasumber & Audiens Webinar


Tak hanya topik webinar yang Kamu perlu tahu sebagai moderator, Kamu pula perlu untuk research mengenai narasumber serta audiens webinar, loh!


Ketiga, ini wajib dicermati, karena moderator umumnya akan memperkenalkan serta menyanjung terpaut narasumber di awal kegiatan untuk menggugah perasaan serta emosi para audiens webinar.


Perihal ini pula akan menjadikan narasumber merasa kalau Kamu sebagai perwakilan utama sudah mempersiapkan secara maksimal dalam kegiatan tersebut.


Kamu bisa mencari ketahui mengenai hasil pencapaian narasumber yang berhubungan dengan topik webinar ataupun bahkan media sosial bila ada yang menarik perhatian.


Kamu pula dapat mencari ketahui lebih dalam mengenai siapa yang menjadi audiens webinar, supaya audiens juga pula merasa dihargai serta menjadikan seperti seminar offline.


Kamu pula bisa melakukan tahap tanya jawab dengan gampang bila Kamu mengenali siapa audiens webinar tersebut.


4. Persiapkan Catatan Untuk Merumuskan Materi & Pertanyaan


Di akhir narasumber menyelesaikan materi, umumnya moderator webinar akan langsung siap untuk merumuskan kembali materi yang sudah diungkapkan secara umum.


Bahkan tak jarang bila moderator mengajukan persoalan simpel untuk mendesak audiens turut meramaikan forum dialog yang ada.


Perihal tersebut pula akan membantu audiens yang mungkin terlampaui sebagian materi penting yang Kamu sampaikan di kesimpulan akhir.


Saran Untuk Moderator Webinar


1. Lakukan Research Jauh - Jauh Hari


Sebelum webinar diawali, umumnya owner kegiatan tersebut akan membuat Term of Reference (TOR) yang muat informasi penting webinar seperti deskripsi kegiatan serta perjanjian pada pihak yang ikut serta.


Dari TOR, Kamu bisa mempersiapkan lebih dulu apa saja yang Kamu perlu cari ketahui lebih dalam, supaya ketika memandu webinar juga, Kamu nampak berpengalaman serta mengenali pengetahuan akan topik webinar.


2. Mencari Tau Panggilan Narasumber serta Audiens


Untuk membangun chemistry hanya dalam sebagian menit, Kamu perlu mengenali panggilan khas untuk narasumber ataupun audiens Kamu, loh!


Misalnya seperti panggilan Mas Menteri yang kerap diucapkan kepada bpk Nadiem Makarim, Kamu bisa lakukan perihal tersebut supaya menjadikan suasana tidak sangat resmi, kaku, serta menegangkan audiens.


Bila audiens Kamu adalah anak sekolah, umumnya anak sekolah juga pula mempunyai nama khasnya tertentu yang menampilkan perbandingan dengan sekolah lain. Catat serta ingat poin kedua ini, ya!


3. Persiapkan Perlengkapan Cadangan


Siapkan koneksi yang maksimal di dalam ruangan misalnya dengan WiFi hingga kuota bila sewaktu- waktu koneksi kerap tersendat.


Kamu pula bisa persiapkan sistem double device seperti laptop, pc, tablet, serta smartphone Kamu bila seketika ada bencana pada microphone. Siapkan pula untuk kode meeting serta password bila Kamu takut terlempar dari ruangan Zoom webinar.


Telah siapkah Kamu untuk menjadi moderator webinar pertama serta mensukseskan kegiatan tersebut? Pergunakan seluruh cara, tips, hingga trik untuk menjadikan webinar mempunyai kesan positif, ya!

Postingan Terakhir

Lihat Semua