top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Pengertian serta Manfaat Family Gathering

Kinerja perusahaan sering- kali bertambah, tetapi pula sering- kali hadapi penyusutan sebab terdapatnya bentrokan dalam.


Bentrokan dalam tersebut bisa disebabkan terdapatnya ketidakharmonisan antar pegawai dalam satu regu ataupun antar bagian.


Untuk dapat mengembalikan kinerja perusahaan menjadi lebih baik lagi, perlu diadakan kegiatan family gathering. Apa itu family gathering? Ikuti keterangannya di bawah ini!


Pengertian serta Manfaat Family Gathering
Pengertian serta Manfaat Family Gathering

Apa Itu Family Gathering?


Family gathering ialah serangkaian kegiatan yang diadakan oleh suatu perusahaan dalam bagan memperkuat ikatan antara pegawai dengan pegawai bersama semua keluarganya.


Umumnya dalam kegiatan family gathering, pegawai yang sudah berkeluarga akan ikut dan mengajak anak serta istri ataupun suami mereka.


Dalam kegiatan family gathering ini umumnya akan diisi dengan kegiatan di luar ruangan berbentuk low impact outbound, karaoke, alat tunggal, live music, tour trip, ataupun kegiatan yang mengasyikkan yang lain.


Kegiatan yang dilaksanakan di luar ruangan ini akan dikemas semenarik mungkin untuk menghasilkan suasana kekeluargaan yang erat.


Selain perusahaan yang kerap kali melangsungkan kegiatan family gathering, keluarga besar atau komunitas tertentu pula melangsungkan family gathering.


Selain di luar ruangan, bila memanglah kondisi tidak membolehkan maka dapat dilaksanakan di dalam ruangan dengan kemasan yang seasyik mungkin.


Manfaat Family Gathering


Family gathering yang umumnya dilaksanakan di luar kota mempunyai tujuan serta sebagian manfaat yang akan diperoleh oleh partisipan kegiatan, antara lain:


  • Memperkuat Ikatan Kekeluargaan Antar Pegawai Perusahaan


Ikatan antar pegawai kerap kali tidak harmonis, baik ikatan antar bagian ataupun antar regu inti itu sendiri. Ikatan yang tidak harmonis tersebut bisa ditunjukkan dengan terdapatnya pengelompokan pegawai dalam suatu regu dalam ataupun terdapatnya keegoisan serta individualisme dalam suatu regu. Bentrokan seperti ini bila terus berjalan akan berakibat kurang baik pada kinerja regu.


Dalam perihal ini, family gathering sangat diperlukan untuk memperkuat ikatan antara pegawai satu dengan yang yang lain baik dalam satu regu ataupun antara bagian satu dengan bagian yang yang lain.


  • Membuat Regu yang Solid


Dalam suatu perusahaan tentu ada pembagian bagian untuk mempermudah kerja sama dalam pekerjaan. Tetapi terdapatnya pembagian bagian tersebut kerap kali memunculkan ketidakharmonisan antara regu bagian satu dengan regu bagian yang yang lain. Untuk menyudahi ketidakharmonisan antar bagian tersebut maka perusahaan perlu melangsungkan family gathering.


  • Ajang Refreshing


Kegiatan family gathering yang diisi dengan bermacam macam game asyik serta mengasyikkan akan melenyapkan rasa capek pegawai terhadap bobot kerja yang tiap harinya mereka dapatkan.


Dengan terdapatnya kegiatan family gathering, pikiran tekanan pikiran serta semacamnya dapat diredakan sejenak melalui hiburan yang menyehatkan.


Pikiran yang fresh serta suasana batin yang senang bisa memunculkan antusias dalam bekerja kembali besok harinya.


Pekerjaan yang dimulai dengan antusias akan menghasilkan kinerja yang maksimal. Inilah kenapa perlu diadakannya family gathering oleh suatu perusahaan, selain berakibat baik untuk pikiran para pegawai pula berakibat pada kinerja perusahaan nantinya.


  • Memperbaiki Kondisi Perusahaan


Kegiatan family gathering pula bisa dilaksanakan untuk memperbaiki kondisi perusahaan yang penuh dengan bentrokan. Bentrokan antar bagian ataupun antar teamwork yang berkepanjangan perlu dipulihkan untuk memberikan dampak“ segar” pada perusahaan.


Untuk bisa mengembalikan suasana perusahaan seperti awal tentu perlu penentuan tempat family gathering yang sesuai serta tepat. Kamu bisa memilih puncak sebagai tempat untuk melakukan family gathering.


Puncak ialah tempat yang mempunyai udara adem serta umumnya tempat tamasya di daerah puncak telah dilengkapi dengan fasilitas outbond yang mengasyikkan.


  • Membuat Kebersamaan


Banyak aktivitas masing- masing pegawai dengan profesinya bisa memunculkan ketidakpedulian terhadap pegawai yang lain. Dengan terdapatnya individualisme dalam dunia kerja tersebut bisa menghasilkan kerja sama antar pegawai menurun.


Melalui kegiatan family gathering ini antar pegawai bisa membuat rasa kerja sama melalui pengelompokan regu.


Pegawai akan memiliki pemahaman kalau kerja sama antar pegawai itu penting sebab mereka berada di bawah satu asbes yang sama, satu perusahaan yang sama.


Tips Memilih Tempat Family Gathering


Untuk mendapatkan manfaat dari family gathering maka diperlukan penentuan tempat family gathering yang tepat.


Penentuan tempat family gathering yang kurang ataupun bahkan tidak tepat bisa menghasilkan family gathering sebagai kegiatan yang menjenuhkan.


Bukan manfaat yang akan diperoleh, malah karyawan- karyawan akan merasa bosan serta tidak melenyapkan tekanan pikiran.


Berikut sebagian tips yang bisa Kamu coba dalam memilih tempat yang tepat untuk melangsungkan family gathering:


  • Memilih Lokasi yang Strategis


Perihal yang pertama kali wajib dilakukan adalah memilih lokasi yang penting untuk melangsungkan family gathering.


Suatu lokasi family gathering bisa dibilang penting apabila lokasi tersebut mempunyai kemudahan akses.


Lokasi bisa ditempuh dalam waktu yang sedikit serta tidak menginginkan perjalanan ekstrim untuk menuju ke tempat tersebut.


Waktu yang sesaat tersebut berhubungan dengan rundown yang nantinya wajib Kamu untuk dengan tepat supaya kegiatan bisa berjalan tepat waktu, termasuk estimasi perjalanan yang ditempuh.


  • Tempat yang Aman serta Nyaman


Walaupun jarak perusahaan ke lokasi family gathering memakan waktu yang tidak banyak, aspek keamanan serta kenyamanan pula perlu dicermati.


Keamanan tempat family gathering bisa diamati dari tempat parkir yang menjamin keamanan kendaraan, keamanan area yang bebas dari kesalahan, dan keamanan seluruh kegiatan ataupun game yang ada di lokasi tersebut.


Selain keamanan, kenyamanan lokasi pula perlu dicermati. Memilih zona yang jauh dari kemeriahan serta hiruk- pikuk perkotaan akan lebih baik untuk kegiatan family gathering.


Ilustrasinya, Kamu bisa memilih area pegunungan yang adem ataupun area hutan yang dijadikan subjek darmawisata ataupun tempat yang lain yang kurang marak oleh kendaraan.


  • Fasilitas Lokasi Family Gathering yang Lengkap


Supaya kegiatan family gathering berjalan dengan mudah, fasilitas perlu Kamu cermati dengan baik.


Janganlah sampai pegawai sangat direpotkan sebab diwajibkan untuk bawa fasilitas yang tidak diadakan seperti kamp, sound system, serta lain serupanya.


Sebagian fasilitas tempat family gathering yang perlu Kamu cermati serta wajib masuk dalam daftar fasilitas yang telah ada antara lain tempat ibadah, kamar kecil yang mencukupi, dan zona main anak.


Sebab pastinya tidak hanya pegawai saja yang turut dalam kegiatan tersebut, melainkan pula keluarga masing- masing pegawai.


  • Menyediakan Bermacam Macam Kegiatan yang Menarik


Lokasi family gathering dengan fasilitas yang lengkap tidak menjamin kegiatan family gathering akan berjalan dengan mudah bila tidak diimbangi dengan kegiatan menarik yang ada. Kegiatan yang dibutuhkan bisa Kamu samakan dengan tema kegiatan family gathering yang diusung, misalnya outbond, live music, ataupun yang yang lain.


  • Menyediakan Konsumsi


Mengkonsumsi tentu sangat penting untuk keberlangsungan kegiatan family gathering. Untuk itu, memilih lokasi family gathering yang menyediakan mengkonsumsi ataupun paling tidak dekat dengan fasilitator mengkonsumsi.


Kamu bisa memilih lokasi yang di dalamnya ada gerai makan ataupun zona luar lokasi family gathering yang ada gerai makan ataupun warung makan.


Mengenali apa itu family gathering sangat penting untuk Kamu yang akan ataupun telah mempunyai perusahaan. Perihal tersebut berhubungan dengan kinerja pegawai Kamu nantinya


Silahkan hubungi regu kita untuk mengenali bermacam informasi mengenai program Family Gathering ataupun program- program yang lain, dan bermacam fasilitas yang akan diperoleh oleh perusahaan kamu bila memakai jasa kita, mulai dari; fasilitas transportasi, hotel, hiburan serta yang yang lain

908 tampilan0 komentar
bottom of page