top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

TikTok Ads: Arti, Jenis, Cara Memasang & Tips Menggunakan

Saat ini, Platform TikTok menjadi salah satu yang sangat digemari oleh banyak orang. Tak heran, apabila banyak brand serta marketer mencoba menggunakan TikTok ads sebagai fasilitas marketing.


Bila kalian seseorang marketer, telah saatnya memikirkan TikTok untuk dijadikan sebagai alat marketing demi tingkatkan performa bisnis.


Dikutip dari Hootsuite, TikTok mempunyai 800 juta pengguna aktif tiap bulannya. Dengan jumlah pengguna aktif seperti itu, TikTok mengalahkan LinkedIn (660+ juta), Reddit (430+ juta), hingga Twitter (+340 juta).


Dari data tersebut, kalian akan berpotensi meraup keuntungan tertentu bila memasang iklan di TikTok.


Kemudian gimana sih cara memasang TikTok ads? Groovy Event Organizer akan menjelaskannya kepadamu mengenai serba- serbinya.

TikTok Ads

Apa Itu TikTok Ads?


Sebelum mangulas jenis- jenis serta cara memakainya, pertama- tama kita perlu membahas definisi dari TikTok Ads terlebih dulu.


Mengutip halaman Later, TikTok Ads adalah suatu perangkat yang menyediakan fitur targeting, ad creation, insight report, serta ad management untuk creator di TikTok.


Tool satu ini menawarkan platform kuat yang dapat membantu brand untuk mendapatkan perhatian dari jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia.


TikTok Ads saat ini mempunyai 2 opsi budgeting, setiap hari (daily) ataupun seumur hidup (lifetime).


Dengan kedua opsi tersebut, anggaranmu menjadi fleksibel. Dalam arti, kalian bisa membiasakan anggaran sesuai kebutuhan badan usaha selama kampanye berlangsung.


Tool ini sanggup menargetkan audiens perusahaan bersumber pada tipe kelamin, lokasi, umur, minat, serta variabel unik yang lain.


Kalian pula bisa menggunakan fitur “Custom Audiences” serta “Lookalike Audiences” untuk menjangkau audiens baru dengan kebutuhan seragam dengan yang telah ada.


Tips Menggunakan TikTok Ads


Seperti yang telah Groovy Event Organizer jelaskan, memakai TikTok Ads adalah inisiatif ampuh untuk brand yang hendak tingkatkan reach mereka.


Perihal ini tentunya turut terbantu oleh TikTok yang makin terkenal serta menjadi salah satu media sosial terbaik untuk tingkatkan engagement serta awareness brand.


Walaupun demikian, tool ini tak dapat digunakan secara sembarangan. Apabila mau mencapai hasil yang maksimal, ada sebagian perihal yang perlu kalian ikuti serta pertimbangkan.


Penasaran apa saja? Berikut adalah sebagian tips untuk menggunakan TikTok Ads secara mumpuni. Disimak, ya!


1. Buat video vertikal


Bagi Appsflyer, video TikTok Ads baiknya terbuat dalam bentuk vertikal.


Kenapa demikian? Karena, pada dasarnya TikTok adalah platform video sharing yang menunjang format vertikal untuk audiens mobile.


Maka dari itu, video vertikal dengan resolusi 9: 16 px telah tentu akan mempunyai performa yang lebih baik.


2. Buka video dengan hook yang persuasif


Membuka konten dengan hook yang persuasif pula menjadi perihal yang dibutuhkan dalam video TikTok Ads.


Perihal satu ini dibutuhkan supaya audiens tidak langsung melongkapi video Ads- mu ketika timbul di berandanya.


Nah, untuk membuat hook yang baik, temukan hal- hal yang bisa memotivasi audiensmu serta buat mereka tetap ikut serta.


Hal- hal ini dapat menjadi sesuatu perihal yang menarik perhatian ataupun bahkan mengejutkan, seperti kenyataan ataupun data penting


3. Rancang video dalam durasi yang singkat


Tips berikutnya untuk menghasilkan video TikTok Ads yang apik adalah dengan merancang video dalam durasi singkat.


Biasanya, audiens di TikTok akan melihat banyak iklan tiap harinya. Maka dari itu, kesabaran mereka akan menurun apabila Ads yang kalian sediakan mempunyai durasi panjang.


Sebagai anjuran, kalian mempunyai waktu kurang dari 60 detik, serta lebih sedikit, untuk mengantarkan pesan dalam Ads.


Manfaatkanlah waktu tersebut sebaik mungkin serta jauhi diskusi ataupun obrolan yang sangat panjang.


4. Ikuti tren yang berlaku


Mengikuti tren yang lagi berlaku ialah tips yang lain yang perlu kalian ikuti saat membuat TikTok Ads.


Karena, dengan cara ini ada mungkin lebih besar kalau iklanmu akan dicermati ataupun bahkan mengungguli kompetitor di Tiktok.


Untuk mencari tren yang lagi booming, pelajari dahulu brand- brand yang menarik audiensmu. Selain itu, kenali tantangan- tantangan viral yang lagi berlaku.


Intinya, selami lebih dalam platform TikTok serta pakai poin penjualan ini untuk menapai tujuan pemasaranmu.


5. Manfaatkan UGC


Terakhir, kalian dapat manfaatkan UGC ataupun user generated content, untuk keperluan TikTok Ads.


TikTok adalah suatu platform yang menantang untuk semua perusahaan serta marketer di bidang produksi kreatif.


Terkadang, cara mereka mengomunikasikan produk, aplikasi, permainan, nilai tambah, serta fitur produk mengharuskanmu untuk berpikir di luar tren yang berlaku.


Kalian dapat mempresentasikan brand dengan baik. Tetapi, biar dapat efisien, kalian hanya perlu berpikir layaknya seseorang TikToker yang hirau akan audiensnya.


Maka dari itu, ukur kinerja serta sikap audiensmu, kemudian kembangkan strategi pemasaran perusahaan sesuai dengan konten, minat, dan kebutuhan mereka.


Dengan cara ini, dipastikan audiens akan lebih menikmati konten yang kalian suguhkan dalam Ads.


Cara Memasang TikTok Ads


1. Buat akun TikTok ads


Pertama, kunjungi situs TikTok ads, kemudian klik‘ Create an Ad Button’ yang berada di pojok kanan atas.


2. Buat campaign TikTok ads


Setelah memiliki akun TikTok ads nanti di dashboard akan ada bermacam macam menu yang ada.


Seleksi menu‘ Campaign’ kemudian klik tombol‘ Create’ untuk mulai membuat TikTok ads.


Setelah itu, opsi tujuan campaign kalian terlebih dulu. Dikutip dari Social Media Examiner, ada 3 opsi yang dapat kalian seleksi, ialah traffic, conversions, serta app install.


3. Tetapkan penempatan Tiktok ads, detail, serta target


Langkah berikutnya adalah memastikan penempatan iklan dan sasaran pasar yang akan kalian jangkau dari iklanmu.


Tentukan penempatan iklanmu dengan tepat supaya bisa menjangkau pasar lebih banyak. Selain di platform TikTok, kalian pula dapat menempatkan iklan ke platform yang lain seperti BuzzVideo, News Republic, serta lain- lain.


Kemudian. isi nama tampilan, gambar, jenis yang relevan, serta lain- lain untuk menjalankan iklanmu nanti. Kalian pula bisa mendeskripsikan aplikasi ataupun website- mu dalam 20 kata untuk lebih memperjelas apa yang lagi kalian iklankan.


Setelah itu, tentukan penargetan pasar yang tepat. Kalian dapat memastikan audiensmu sendiri, misal usianya berapa, tipe kelaminnya, minat, serta lain- lain sehingga upayakan untuk memastikan sasaran audiens yang tepat.


4. Tentukan anggaran serta jadwal


Langkah berikutnya adalah kalian wajib memastikan anggaran dan agenda yang mau kalian buat. Kalian dapat memilih mau menjalankan iklan dalam satu hari ataupun pekan dengan waktu tertentu.


Selain itu, kalian pula dapat memastikan anggaran yang sesuai dengan kebutuhanmu.


Setelah seluruhnya diatur dengan benar, maka kalian tinggal menunggu persetujuan dari TikTok. Setelah TikTok menyetujui iklanmu, kalian bisa memantau iklanmu di dashboard.


Jenis-Jenis TikTok Ads


TikTok menyediakan bermacam opsi iklan untuk pengiklan. Dikutip dari Hootsuite, berikut jenis- jenisnya:


1. In- Feed video


Iklan ini ditempatkan di bagian bawah video TikTok. Umumnya tipe iklan ini memanglah kerap digunakan oleh banyak orang sebab biayanya lebih terjangkau.


2. Brand takeover


Iklan ini akan mengambil layar seluruhnya pengguna dalam beberap detik saat membuka aplikasi. Setelah itu, iklan akan hilang serta berganti menjadi In- Feed video ads.


3. Hashtag challenge


Iklan ini timbul di taman Discovery. Umumnya iklan ini akan mendorong pengguna untuk melakukan tantangan yang lagi terjadi.


Hashtag challenge pula bisa digunakan oleh marketer sebagai alat marketing.


Itu ia serba- serbi dari TikTok ads yang perlu kalian tahu. Mudah- mudahan dengan membaca informasi di atas, kalian dapat memahami cara- cara paling ampuh untuk menggunakan tool tersebut.

29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


Los comentarios se han desactivado.
bottom of page