• Groovy Indonesia

Virtual Event Peluncuran pusat sumber daya PASH 2022

Diperbarui: 2 hari yang lalu

Peluncuran situs semuatercatat.id pada Kamis, 10 Maret, pukul 09.00 WIB melalui virtual event berjalan dengan mulus berkat kerja keras KOMPAK, PUSKAPA, dan Bappenas sebagai penyelenggara serta Groovy sebagai penanggung jawab.


KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) adalah fasilitas atau organisasi yang didanai oleh Pemerintah Australia untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mencapai target mengurangi tingkat kemiskinan dan mengatasi kesenjangan sosial. Sedangkan PUSKAPA bertugas memobilisasi sumber sumber daya (manusia dan finansial) yang dimiliki melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga internasional dan nasional, baik pemerintah maupun non-pemerintah, utamanya melalui berbagai hibah kompetitif berskala global, regional, maupun nasional. Di sisi lain Bappenas merupakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional untuk membantu Presiden dalam menjalankan pemerintahan negara. Ketiganya berkolaborasi membangun sebuah situs bernama semuatercatat.id. diadakan dengan tujuan untuk menangani dan mengatasi dokumen kependudukan dan meningkatkan akses informasi layanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat. Peluncuran situs semua tercatat.id merupakan salah satu bagian dari program Penguatan Administrasi Kependudukan/Adminduk dan Statistik Hayati (PASH) yang telah dirancang dan diimplementasikan oleh PUSKAPA, KOMPAK, Bappenas sejak 2016 silam. Program ini bertujuan untuk menguatkan tata kelola sistem pencatatan sipil dan statistik hayati di Indonesia dan menyetarakan akses masyarakat, khususnya masyarakat rentan pada layanan adminduk.


Melalu virtual event yang telah di selenggarakan, dalam sambutan pembukanya Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas Pungky Sumadi menyatakan bahwa, “Melalui situs ini, siapa pun yang ingin berpartisipasi dalam penguatan sistem administrasi kependudukan Indonesia dapat dengan mudah memperoleh panduan praktis dan sederhana untuk mereplikasi keberhasilan atau belajar dari kegagalan dalam upaya untuk meningkatkan pencatatan dokumen kependudukan”. Deputi Pungky juga menambahkan bahwa situs semuatercatat.id mendukung semua inisiatif kerja sama lintas sektor serta pendekatan layanan adminduk ke desa melalui adminduk berbasis kewenangan desa. “Kami berharap situs semuatercatat.id ini terus menjadi rujukan bagi pemerintah daerah, LSM, dan mitra pembangunan lainnya dengan tujuan meningkatkan cakupan dokumen kependudukan dan memenuhi hak warga terhadap identitas hukum dalam program penguatan tata kelola dan data kependudukan di Indonesia,” demikian ujar Deputi Pungky melalui sambutan pembuka di virtual event yang diselenggarakan Kamis lalu.


Sebagai panduan panitia penyelenggara menampilkan video demo penggunaan situs semuatercatat.id, Kegiatan tersebut dimaknakan sebagai simbolisasi telah resmi dibuka nya situs semuatercatat.id


Dalam virtual event kali ini, acara tersebut turut dihadiri oleh beberapa narasumber terkait yakni, Drs. Ali Imran, MM, selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng, Drs. T. Syarbaini M.Si, selaku Kepala Dinas Registrasi dan Kependudukan Provinsi Aceh, dan Hariyadi, S.Si, MS,. Sebagai moderator untuk mengarahkan dan memimpin agenda talkshow. Peserta diberikan waktu untuk berdiskusi dengan rileks namun tetap fokus membahas tantangan pemerintah daerah dalam mengakses informasi untuk menguatkan layanan adminduk, serta berbagi hasil temuan awal studi survei telepon program penguatan adminduk. Tentunya talkshow dibarengi sesi tanya jawab agar lebih interaktif dan informatif. Kesimpulan dari MC menjadi penutup di acara peluncuran tersebut.


virtual event

virtual event

virtual event

Registrasi Event sebagai Adminduk Perusahaan


Kalian pasti sudah tidak asing dengan adanya meja yang terletak di depan pintu masuk sebuah acara saat hendak memasuki ruangan acara. Yup! Itu adalah meja registrasi yang disediakan panitia acara untuk Anda mengisi data diri atau mengkonfirmasi kedatangan Anda. Hal ini bertujuan untuk menjadi database perusahaan penyelenggara acara untuk mengetahui siapa saja relasi yang menghadiri acara. Selain itu, ada kemungkinan relasi atau rekan bisnis yang baru menghadiri acara tersebut, sehingga berdasarkan data diri yang didapatkan berguna untuk komunikasi perusahaan dengan calon rekan bisnis tersebut.


Lain halnya di virtual event, registrasi biasanya terjadi sebelum acara dan sesudah acara dimulai, Anda dapat membuat link registrasi melalui platform zoom untuk calon peserta isi data diri, kemudian peserta akan dikirimkan emailkonfirmasi berupa link zoom acara. Sesudah acara Anda dapat melihat kembali daftar peserta yang sudah join dalam virtual event anda.


Tentunya data yang sudah didapatkan saat proses registrasi bersifat rahasia, tidak dapat dibagikan kepada pihak lainnya yang tidak berkepentingan. Penting sekali untuk memilih crew registrasi yang jujur dan handal karena saat proses registrasi terkadang terdapat hambatan yang tak terduga seperti data peserta yang tidak terkonfirmasi maupun perihal pembagian souvernir jika ada.


virtual event

virtual event

Postingan Terakhir

Lihat Semua