top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

7 Perbandingan vMix vs OBS, Mana Aplikasi Terbaik?

Diperbarui: 12 Jun 2023

Aplikasi Facebook, Instagram, TikTok, serta YouTube membolehkan siapa saja untuk live stream. Tetapi, jika menginginkan hasil yang lebih handal, kalian gunakan aplikasi lain seperti vMix vs OBS.


Live streaming bukan hanya untuk konten media sosial, tetapi saat ini digunakan pula untuk live shopping, menyiarkan kegiatan secara langsung, webinar, live gaming, serta sebagainya.


vMix serta OBS (Open Broadcaster Aplikasi) adalah aplikasi live streaming & produksi video yang paling banyak sekali dipakai tahun ini.


Makanya, ayo, kenali perbandingan vMix vs OBS sebelum memutuskan akan memakai yang mana!


vMix vs OBS

Keunggulan vMix vs OBS


Berikut perbandingan vMix vs OBS bersumber pada keunggulan masing- masing yaitu:


Keunggulan vMix


Fitur Multicamera: vMix memungkinkan pengguna untuk menghubungkan hingga 8 kamera secara bersamaan dan beralih di antara mereka secara mudah selama produksi video. Fitur ini sangat berguna untuk acara yang membutuhkan sudut pandang yang berbeda-beda.


Streaming ke Berbagai Platform: vMix dapat melakukan streaming langsung ke berbagai platform streaming seperti Facebook, YouTube, Twitch, dan lain-lain. Hal ini memudahkan pengguna untuk membagikan video langsung mereka dengan audiens mereka di platform favorit mereka.


Efek Visual dan Transisi: vMix memiliki lebih dari 100 efek visual dan transisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan tampilan video langsung. Beberapa di antaranya adalah animasi 3D, efek kromakey, dan banyak lagi.


Fitur Audio yang Kuat: vMix memiliki fitur audio yang kuat yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dan memanipulasi suara secara real-time. Misalnya, pengguna dapat menambahkan efek suara atau memodifikasi pitch atau volume untuk memperbaiki kualitas suara.


Integrasi Eksternal: vMix dapat terintegrasi dengan banyak perangkat lunak dan perangkat keras pihak ketiga. Misalnya, pengguna dapat menghubungkan vMix dengan kamera, mixer audio, atau sistem grafis eksternal.


Pemrosesan Video yang Cepat: vMix menggunakan teknologi pemrosesan video yang cepat dan efisien yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video berkualitas tinggi dalam waktu singkat.


Interface Pengguna yang Mudah Digunakan: vMix memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengendalikan semua fitur dengan mudah. Hal ini membuat produksi video menjadi lebih mudah dan menyenangkan.


Keunggulan OBS


Gratis dan Sumber Terbuka: OBS adalah perangkat lunak gratis dan sumber terbuka, artinya pengguna dapat mengunduh, menginstal, dan menggunakan OBS secara gratis. Selain itu, sebagai perangkat lunak sumber terbuka, pengguna dapat mengedit dan memodifikasi kode sumber OBS sesuai kebutuhan mereka.


Kompatibilitas yang Luas: OBS dapat digunakan pada banyak platform, termasuk Windows, macOS, dan Linux, sehingga pengguna dapat menggunakannya pada banyak perangkat yang berbeda.


Pengaturan yang Mudah: OBS memiliki pengaturan yang mudah dan intuitif yang memungkinkan pengguna untuk memilih sumber video dan audio yang berbeda, menyesuaikan resolusi, bitrate, dan format video yang akan digunakan untuk merekam atau streaming.


Tampilan yang fleksibel: OBS memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan jendela preview yang akan ditampilkan dalam program dan juga mengatur tata letak sumber video dan audio.


Fitur Lanjutan: OBS memiliki fitur lanjutan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas yang lebih canggih seperti overlay, green screen, filter, dan banyak lagi. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat video yang lebih menarik dan profesional.


Komunitas yang Luas: OBS memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif yang dapat memberikan dukungan dan saran untuk pengguna baru dan berpengalaman. Ada banyak tutorial, forum, dan grup diskusi yang dapat membantu pengguna untuk memaksimalkan penggunaan OBS.


Integrasi dengan Layanan Streaming: OBS memiliki integrasi yang mudah dengan banyak layanan streaming seperti Twitch, YouTube, dan Facebook. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengirimkan rekaman dan streaming langsung ke platform streaming favorit mereka.


Perbandingan vMix vs OBS


Berikut hal- hal yang membedakan vMix vs OBS bagi Mazsystems:


1. Harga


Sebagai aplikasi open- source, OBS dapat digunakan secara free.


Aplikasi vMix pula bisa dipakai tanpa membayar, tetapi khusus tipe trial selama 60 hari saja.


Untuk melanjutkan pemakaian vMix, kalian perlu membayar 60- 1. 200 dolar AS( sekitar Rp870. 000- Rp17, 5 juta).


Ataupun, kalian dapat memilih paket berlangganan dengan harga 50 dolar AS( kira- kira Rp718. 000) per bulan.


2. Platform


Jika kalian pengguna Windows, maka kalian dapat memakai vMix ataupun OBS.


Tetapi, jika komputermu memakai sistem Mac ataupun Linux, kalian hanya dapat menggunakan OBS( serta sebagian aplikasi lain, contohnya Wirecast).


Ya, vMix hanya ada untuk Windows.


3. Sumber input


Baik vMix ataupun OBS menunjang beberapa sumber input, seperti webcam, file video serta audio, sound card, gambar, serta desktop windows.


Tetapi, sumber yang bisa dipakai di vMix lebih banyak, seperti network device interface serta vMix Call yang membolehkan integrasi streaming dari jarak jauh.


4. Judul serta animasi


VMix serta OBS dapat memakai bacaan. Tetapi, vMIx mempunyai tools bawaan untuk membuat judul, sebaliknya OBS tidak.


Jika kalian memiliki keahlian programming, coba pakai vMix untuk membuat animasi.


File bacaan dapat dipakai sebagai sumber di OBS, tetapi tidak sedinamis memakai tools bawaan di vMix.


5. Fitur


VMix tentu unggul di bagian ini sebab ialah aplikasi berbayar.


Fiturnya meliputi 4k streaming, produksi video jarak jauh, preset, dan multiview untuk melihat rekaman dari bermacam sudut.


OBS mungkin tidak mempunyai ini, tetapi kalian tetap bisa memberikan konten bermutu tinggi ke pemirsa bila kalian menekuni program ini lebih jauh serta menggunakan plugin- nya lebih dari 20 tipe.


6. Integrasi dengan online video platform


Ini adalah pertimbangan penting sebab kalian tentu mau melakukan streaming dengan gampang ke platform tempat followers- mu menyaksikan.


Secara total, vMix dapat terintegrasi ke 12 platform, sebaliknya OBS 18.


Keduanya dapat dihubungkan ke Facebook Live, Instagram Live, serta YouTube, tetapi sisanya berbeda.


7. Layanan bantuan


Sebagai aplikasi berbayar, vMix mempunyai layanan bantuan online langsung. Berbeda dengan OBS yang open- source.


Walaupun kalian tidak dapat meminta bantuan langsung kepada pengembang, OBS mempunyai komunitas besar berisi forum serta pengguna pakar. Jadi, masalahmu dapat tetap terselesaikan, kok.


Wajib Seleksi Mana, vMix vs OBS?


Bila ditanya mana yang lebih baik, sesungguhnya bergantung pada kebutuhanmu seperti:


Seberapa besar budget- mu?


Apakah kalian memakai Windows, Mac, ataupun Linux?


Seberapa banyak kamera serta sumber video yang mau kalian integrasikan?


Seberapa banyak grafik serta text overlays yang mau kalian pakai?


Ke platform video online mana kalian akan melakukan live streaming?


Apakah kalian memerlukan layanan bantuan formal ataupun cukup dari forum?


Setelah membaca perbandingan dan keunggulan vMix vs OBS tadi, mana yang menanggapi kebutuhanmu serta pertanyaan- pertanyaan di atas?


Kalian akan memilih aplikasi yang mana?


Selain membandingkan 2 aplikasi di atas, kalian pula wajib mengenali macam seluk- beluk sebelum memulai live streaming.

722 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page