• Groovy Indonesia

ASEAN Youth Dialogue Pertama Digelar Sukses



Dalam rangka merayakan ASEAN Kamboja 2022 dengan tema “ASEAN A.C.T.: Addressing Challenges Together”, Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, di bawah kerangka Komunitas Sosial Budaya ASEAN bekerja sama dengan Sekretariat ASEAN dan dengan dukungan dari Pemerintah Republik Korea (ROK) akan bersama-sama menyelenggarakan 1st ASEAN Youth Dialogue dengan tema “Youth in the Era of IR 4.0: Opportunities and Challenges in Post-Pandemic Recovery” yang akan diselenggarakan pada 25-26 Juli 2022 di Sim Provinsi Reap.


ASEAN Youth Dialogue yang baru digelar untuk pertama kalinya bertujuan untuk menyediakan wadah bagi pemuda ASEAN dan pemuda Republik Of Korea untuk terlibat dalam wacana kebijakan dan membawa rekomendasi tentang kebijakan regional dan bertukar pandangan dalam bentuk dialog dengan Menteri Pemuda ASEAN-ROK dan mitra dialog utama. Dialog akan fokus pada cara para pemangku kepentingan dapat berkolaborasi dengan kaum muda untuk menuai manfaat dan peluang yang muncul dari Revolusi Industri 4.0 dan untuk mengatasi tantangan pandemi global. Delegasi Pemuda akan dapat saling belajar dengan memanfaatkan peluang teknologi, ekonomi, dan sosial untuk memperkuat kerja sama antara ASEAN dan ROK.


Program tersebut akan menghasilkan rekomendasi kebijakan mengenai isu-isu umum yang akan diajukan ke ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY), ASEAN Senior Officials Meeting on Youth Plus Three (SOMY+3), dan ASEAN Ministerial Meeting on Youth (AMMY). untuk mendorong implementasi ASEAN Work Plan on Youth 2021-2025, ASEAN Plus Three Work Plan on Youth 2021-2025 dan ASEAN-ROK Action Plan 2021-2025. Menjabarkan ajuan isu tentang ASEAN Youth Cooperation and Opportunities to Strengthen Connectivity between the Millennials and Generation Zs of ASEAN and ROK, Youth in Post-COVID 19 POST-COVID 19 Human Resource Development, Consolidated Strategy on the Fourth Industria Revolution (4IR) in ASEAN, Results of the Survey on Mutual Perceptions of ASEAN and Korean Youths and Opportunities to Collaborates, The Vital Roles of Milenials and Gen-Z in Post-Pandemic Recovery: ASEAN and ROK Experience, "Thematic Breakout Sessions: Governance, Science, Technology and Innovation, Future of Work, Infrastructure and Connectivity, Inclusive and Sustainable Growth, Climate Change Movement, Narrowing the Development Gap among ASEAN Member States, People-to-People Exchange", 2022 as the Year of ASEAN Youth, Finding New Ways to Solve Old Problems, Digital Human Resource Development for a Digital Era, and many more. Masyarakat dapat melihat hasil rapat melalui kanal youtube resmi milik ASEAN yaitu ASEAN Secretariat.


Dialog Pemuda ASEAN ke-1 akan dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta, antara lain Menteri Pemuda ASEAN dan ROK, perwakilan senior lembaga internasional, gubernur pemuda senior, delegasi pemuda, lembaga pemerintah, LSM-masyarakat sipil, lembaga penelitian, pengusaha, sektor swasta, pengamat , entitas ASEAN, badan-badan PBB dan mitra terkait.


Sebelum dimulainya rapat pleno ASEAN Youth Dialogue, pemanasan dilakukan melalu acara Youth Panel Discussion pada tanggal 18-19 Juli 2022. Youth Panel Discussion bertujuan membangkitkan dan meningkatkan gelora pemuda untuk berpartisipasi aktif di acara utama yaitu, ASEAN Youth Dialogue.



Groovy EO sebagai Event Organizer ASEAN Youth Dialogue


Kali ini Groovy EO berperan aktif sebagai Event Organizer ASEAN Youth Dialogue. Mengarap sebuah rangkaian acara pastinya tidak mudah dilakukan karena persiapan harus dilakukan dengan cepat mengingat jangka waktu antar acara yang satu dan lainya kerap kali berdekatan. Positifnya Groovy menjadi lebih dengan dengan tim internal yang tentunya akan memudahkan komunikasi. Banyak ilmu bisa kami kantongi di serangkaian acara ASEAN Youth Dialogue karena melakukan sosialisasi dengan pihak organisasi internasional memberikan pandangan baru yang belum kami temukan sebelumnya.

Seperti biasa, di virtual event Groovy selalu bertugas untuk memberikan design terbaik yang akan menjadi kunci dari identitas acara tersebut. Pemilihan warna dan motif tentunya tidak boleh dilakukan sembarang, perlu sekali menangkap maksud klien dengan jelas supaya menciptakan hasil karya yang memuaskan.


Flyshow ke Kamboja untuk ASEAN Youth Dialogue



Sungguh pengalaman yang menyenangkan bisa menginjakkan kaki di Kamboja bersama tim membawa bendera Groovy Event Organizer ke kancah internasional. Jika biasanya Groovy familiar mengadakan event roadshow kali ini perjalanan tidak mungkin dilakukan melalui perjalanan darat, sehingga kami menyebutnya dengan flyshow! Flyshow ke Kamboja mengenal pengalaman dan budaya baru di Kamboja akan selalu tercatat dalam sejarah Groovy Event Organizer. Tim berangkat membawa 4 pejuang terbaik untuk menangani proses berjalannya virtual event ASEAN Youth Dialogue yang akan diperlihatkan kepada seluruh pemuda/i ASEAN melalui platform Youtube dan Zoom Meeting.


Merupakan kebanggaan tersendiri Groovy berkenan mendapat mandat langsung dari tim ASEAN untuk memanajemen jalannya acara. Terima kasih sebesar-besarnya untuk kepercayaan yang diberikan dan kedepannya Groovy akan semakin bertekad menjadi event organizer terbaik di Indonesia. Tidak lupa puji syukur kami panjatkan kedua rangkaian acara dapat berlangsung lancar dan juga menjadi pengalaman baru bagi Groovy Event Organizer yang semakin melebarkan sayap di industri event kancah internasional.


Postingan Terakhir

Lihat Semua