• Groovy Indonesia

ASEAN Youth Fellowship in Jakarta


Nadiem Makarim

ASEAN Youth Fellowship (AYF) merupakan program pengembangan kepemimpinan eksklusif untuk menumbuhkan dan menghubungkan para pemimpin muda ASEAN yang baru muncul, yang diselenggarakan oleh National Youth Council (NYC) bekerja sama dengan Singapore International Foundation (SIF). Dua Minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 2-4 November 2022, delegasi ASEAN Youth Fellowship in Jakarta dari berbagai negara bagian di ASEAN mendarat di Indonesia untuk mengadakan acara ASEAN Youth Fellowship (AYF) 2022. Rangkaian acara ini sebenarnya sudah berlangsung sejak tanggal 29 Oktober, berlokasi di Singapura, setelah merampungkan agendanya disana, barulah delegasi datang ke Indonesia untuk merampungkan kegiatan seminar yang harus diselesaikan bersama pihak Indonesia.


Selama program berlangsung, peserta memiliki kesempatan untuk berdialog dengan pembuat kebijakan senior dan pemimpin pemikir terkemuka, dan berpartisipasi dalam kunjungan kelembagaan mendalam dan perjalanan pembelajaran eksklusif ke beberapa fasilitas dan organisasi utama di Singapura dan kawasan. Mereka juga memiliki kesempatan untuk berjejaring melalui kegiatan membangun tim dan acara sosial.


Dulunya program ini dibangun di atas nilai-nilai Resiliensi, Kepemimpinan, dan Kohesi. Ini diluncurkan untuk melambangkan Keketuaan Singapura di ASEAN pada tahun 2018. Tujuan program adalah untuk memberikan pengembangan kepemimpinan bagi para pemimpin muda di ASEAN; membangun jaringan yang kuat di antara para pemimpin muda di sektor 3P (publik, swasta, dan rakyat); dan untuk memaparkan para pemimpin muda di ASEAN pada peluang di kawasan. ASEAN Youth Fellows juga beranggotakan para pemimpin muda ASEAN dan influencer dari berbagai sektor. Banyak dari mereka juga aktif terlibat dalam masyarakat, di luar tanggung jawab profesional mereka. Profil delegasi AYF juga semuanya bergabung khusus karena undangan eksklusif, ASEAN Youth Fellows menyeleksi anggotanya untuk menjaga organisasi tersebut tetap berkualitas dan berdedikasi tinggi untuk meraih tujuan didirikannya AYF. Kandidat dinominasikan melalui berbagai organisasi mitra yang bekerja sama dengan NYC dan SIF di berbagai bidang termasuk pengembangan kepemimpinan pemuda dan kerja sama regional.


Selama kegiatan berlangsung acara ini dihadiri oleh Minister Nadiem Anwar Makarim as Minister of Education, Culture, Research and Technology, Shefali Dodani as Investor, Insignia Ventures Partners, Xue Kai Pang as Founder and CEO, TokoCrypto, Tyovan Ari Widagdo as Founder Edumo and General Chairman, Himpunan Pengusaha NU (HPNU), ASEAN Youth Fellow 2019 and Fajrin Rasyid Co-founder, Bukalapak and Director, Digital Business Telkom Group. Terdapat juga talkshow yang di nahkodai oleh Mr Hafiz Kasman as Co-Founder and Chief Operating Officer, Kinobi, ASEAN Youth Fellowship in Jakarta 2022.


Agenda ASEAN Youth Fellowship 2022 in Jakarta


offline event


Di dalam agenda acara ASEAN Youth Fellowship 2022 in Jakarta yang cukup padat ini, selepas mendarat di Jakarta peserta diajak untuk menuju Pullman Hotel, Central Park Mall untuk makan siang dan check in room. Lalu, memulai sesi pelatihan pertama bersama Mrs. Samantha melalukan refleksi individual yang berhubungan dengan pertanyaan kunci yakni, mengevaluasi ketahanan individu peserta terhadap persoalan yang sedang dihadapi, tantangan yang mereka tangani vs apa yang membantu mereka menghadapi tantangan tersebut, dukungan lain apa yang dibutuhkan saat sedang merasa kecil, apa yang mendorong mereka disaat sulit dan kekuatan apa yang mereka miliki. Refleksi ini dilakukan selama 60 menit kemudian dilanjutkan dengan pembentukan kelompok besar untuk saling berdiskusi dan sharing dengan anggota lainnya, dengan harapan besar mendapatkan pandangan dan solusi dari anggota lainnya.


Selanjutnya, yang sudah ditunggu-tunggu sejak awal adalah sesi dialog bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim. Dialog tersebut dilanjutkan dengan kegiatan makan malam bersama yang merupakan acara networking pertama setelah sampai di Indonesia, sekaligus menjadi acara penutup. Menjaga keamanan acara sebagai protokol kesehatan yang terjamin tim GroovyEO melakukan antigen test bagi para anggota di sela acara makan malam bersama.


Esoknya acara dimulai dengan sesi dialog context bersama Mrs. Samantha yang membicarakan tentang bagaimana perusahaan melakukan bagian mereka untuk mengatasi suatu masalah, pasang surut dalam perjalanan perusahaan anggota, kebutuhan individu, ketahanan tim dan pentingnya kemitraan serta peluang di ASEAN. Lalu, Panel Dialogue on Tech and Entrepreneurship yang dinahkodai Mr Hafiz Kasman selaku Co-Founder and Chief Operating Officer, Kinobi, ASEAN Youth Fellowship 2022 sebagai moderator ditemani oleh beberapa narasumber Shefali Dodani selaku Investor, Insignia Ventures Partners, Xue Kai Pang selaku Founder and CEO, TokoCrypo, Tyovan Ari Widagdo selaku Founder Edumo and General Chairman, Himpunan Pengusaha NU (HPNU), ASEAN Youth Fellow 2019 dan Fajrin Rasyid selaku Co-founder, Bukalapak and Director, Digital Business Telkom Group. Siangnya peserta diboyong ke kantor Waste4Change, Vida Bumipala, Bekasi untuk terjun langsung ke lapangan melihat kegiatan yang ada dilokasi serta sharing dengan pengelola setempat. Malamnya, sebagai penutup hari kedua peserya dimanjakan dengan dinner and networking business di Grand Hyatt.


Dihari ketiga peserta melakukan kunjunga ke Gedung ASEAN secretariat untuk melakukan panel discussion, tour and lunch bersama beberapa Director of ASEAN, Dr Yang Mee Eng (Executive Director, ASEAN Foundation), Ambassador Kok Li Peng (SG Perm Rep to ASEAN) yang dimoderatori, Mr Tommy Koh selaku Senior Assistant Director, ASEAN Division, Ministry of Trade and Industry, ASEAN Youth Fellowship 2022. Setelah kunjungan insightful di Gedung ASEAN, peserta kembali ke Hotel Pullman, Central Park Mall, untuk melakukan sesi Reflections and Reflection Piece seperti biasanya. Malamnya acara Closing Ceremony & Farewell Dinner bagi peserta dilakukan bersama Mr. Kwok Fook Seng as Singapore Ambassador to the Republic of Indonesia. Acara dimeriahkan dengan presentasi yang membangun wawasan, pembagian sertifikat untuk peserta, pertunjukan budaya Angklung dan foto bersama dengan seluruh peserta, pembicara juga tim penyelenggara. Groovy Event Organizer turut berbangga hati atas keberhasilan besar seluruh tim yang melaksanakan acara ASEAN Youth Fellowship 2022 dengan lancar jaya mulai dari acara dan juga proses hospitality seluruh peserta. Untuk anda yang sedang mencari Event Organizer With Best Experience in Jakarta, segera diskusikan acara Anda bersama tim kami.

offline event


Postingan Terakhir

Lihat Semua