• Groovy Indonesia

Marketing Campaign: Kunci Keberhasilan Bisnis Harus Kalian Tahu

Apakah kalian sempat hadapi saat mau membeli mie praktis, kalian menyebutnya“ Indomie”? Sementara itu, Indomie adalah sesuatu brand bukan nama produk sebab brand Indomie begitu lekat dengan konsumen.


Alasannya, Indomie sudah melakukan marketing campaign yang sukses. Oleh sebab itu, marketing campaign adalah penting dilakukan untuk dapat mencapai tujuan bisnis.


Strategi ini dapat dilakukan melalui bermacam- macam media, baik media konvensional ataupun media online.


Kampanye yang dilakukan pula tidak hanya mengandalkan konten dalam beriklan saja tetapi melakukan cara- cara kreatif yang lain.


Bila kalian penasaran soal marketing campaign, ayo, cari ketahui dulu mengenai definisinya dibawah ini.


Apa Itu Marketing Campaign?


Marketing campaign adalah sesuatu tindakan yang terorganisir serta pula terencana yang terencana terbuat untuk mencapai tujuan tertentu.


Misalnya seperti tingkatkan pemahaman atas terdapatnya produk baru ataupun untuk mendapatkan feedback dari pelanggan.


Marketing campaign pula umumnya digunakan untuk menjangkau konsumen yang dikemas dalam bermacam cara yang kreatif serta mengaitkan banyak media.


Ada 2 tipe media yang digunakan, ialah baik secara konvensional seperti tv, radio, serta media cetak. Selain itu pula secara online seperti media sosial, email, pay- per- click serta lain sebagainya.


Marketing campaign yang bagus adalah memiliki konsep yang konsisten serta terfokus pada satu tema ataupun ide untuk mencapai tujuan tertentu.


Tujuan Marketing Campaign


Marketing campaign adalah kunci kesuksesan dalam mempromosikan sesuatu brand. Oleh sebab itu, banyak dari perusahaan yang melakukan marketing campaign untuk mencapai tujuan tertentu.


Berikut adalah tujuan dari marketing campaign itu sendiri:


  • Membangun suatu brand image pada sesuatu produk

  • Tingkatkan brand image pada sesuatu produk yang telah ada di pasaran

  • Memperkenalkan sesuatu produk baru

  • Tingkatkan brand awareness

  • Kurangi akibat kabar negatif yang tersebar pada publik


Itu adalah tujuan umum dari marketing campaign. Pada praktiknya, kalian boleh mencapai satu ataupun lebih tujuan saat melakukan proses ini.


Untuk mencapai tujuan tersebut, kalian akan memerlukan sebagian media untuk dapat menemukan kampanye pemasaran yang paling efisien untuk bisnis kalian.


Marketing Campaign

Berartinya Melakukan Marketing Campaign


Tujuan marketing campaign adalah bermacam- macam, baik untuk mempromosikan sesuatu produk sampai dengan tingkatkan citra sesuatu brand pada konsumen.


Oleh sebab itu, marketing campaign penting dilakukan supaya fokus pada pembangunan brand pada bisnis tertentu. Selain itu, marketing campaign pula penting dilakukan untuk penuhi marketing funnels, ialah seperti di bawah ini:


1. Brand


Untuk menghasilkan sesuatu citra produk yang mau dipasarkan, kalian memerlukan brand ataupun merek dagang.


Oleh sebab itu, dengan melakukan marketing campaign, diharapkan brand akan diketahui luas oleh konsumen.


Setelah itu, marketing campaign pula dapat menghasilkan brand recognition, brand equity, yang bersinambung hingga brand loyalty.


2. Leads


Bila konsumen telah memahami serta pula memilih brand kalian, setelah itu kalian perlu mendorong serta meyakinkan konsumen untuk mengidentifikasi produk kalian lebih mendalam lagi.


Misalnya, untuk meyakinkan konsumen, maka kalian perlu melakukan marketing campaign melalui web. Jadi, dalam web kalian perlu menyediakan informasi yang diperlukan konsumen.


Misalnya, kalian perlu menyertakan foto, video, bermacam- macam postingan menarik serta informatif, serta lain sebagainya.


Oleh sebab itu, kalian perlu mencermati tiap konten yang kalian tampilkan di web yang sanggup mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.


3. Sales


Setelah konsumen yakin bila produk kalian ialah produk yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan mereka, berikutnya mereka akan melakukan pembelian.


Tindakan pembelian yang dilakukan oleh konsumen tentunya akan menaikkan angka leads maupun sales.


Oleh sebab itu, marketing campaign adalah penting untuk mencapai tujuan bisnis kalian, ialah melampaui sasaran yang ditentukan.


Tetapi, kalian pula perlu terus melakukan inovasi serta tetap melindungi mutu produk supaya konsumen tetap yakin pada produk kalian, ya.


4. Loyalty


Terdapatnya marketing campaign pula dapat tingkatkan loyalty konsumen.


Oleh sebab itu, kalian sepatutnya memikirkan prospek dalam jangka panjang serta melakukan marketing campaign untuk memastikan konsumen melakukan pembelian ulang.


Ini adalah tantangan berat untuk kalian, sebab mempertahankan loyalitas konsumen akan jauh lebih sulit.


Kalian wajib memastikan kalau konsumen akan melakukan pembelian kedua, ketiga, serta pula seterusnya.


Seperti itu tugas dari marketing campaign, ialah membuat sesuatu program terencana yang pula berimbas jangka panjang pada konsumen.


Kalian dapat membuat program yang menarik serta unik yang dapat membuat konsumen tetap loyal terhadap brand kalian.


Strategi Marketing Campaign yang Dapat Dicoba


Melakukan marketing campaign adalah penting yang bermanfaat mulai dari untuk menghasilkan citra brand maupun tingkatkan sales.


Dengan begitu, kalian mungkin saat ini mencari strategi marketing campaign yang dapat diaplikasikan secara digital di masa seperti saat ini.


Ayo, cari ketahui bermacam- macam strategi marketing campaign yang dapat kalian coba, di bawah ini:


1. Search Engine Marketing


SEM dapat dilakukan untuk membuat sesuatu produk timbul pada taman utama search engine result page.


Kalian dapat memasang iklan dengan memasukkan keywords yang berhubungan dengan produk yang dijual.


Jadi, saat konsumen menuliskan keywords pada Google ataupun mesin pencari yang lain, maka iklan tersebut akan timbul di taman pertama.


2. Search Engine Optimization


SEO bertujuan untuk membuat web ataupun web timbul di taman utama search engine result page. Dengan begitu, SEO dapat tingkatkan pengunjung ke sesuatu web.


Tetapi, kalian perlu mencermati banyak elemen bila mau mengaplikasikan SEO sebagai strategi marketing campaign, seperti backlink, keywords, serta lain sebagainya.


3. Email Marketing


Ini adalah kegiatan mengirimkan email yang berisi informasi produk, penawaran produk, ataupun promo, serta lain sebagainya.


Email marketing ini dikirim ke beberapa konsumen potensial, ialah yang tertarik pada produk kalian. Melalui strategi marketing campaign ini, kalian dapat tingkatkan penjualan dari konsumen baru maupun konsumen lama.


4. Social Media Marketing


Tidak sedikit brand yang menjalankan marketing campaign di media sosial serta teruji berhasil. Alasannya, saat ini ada banyak platform media sosial yang pula diakses oleh banyak orang.


Jadi, melakukan campaign marketing melalui media sosial dapat menjangkau lebih banyak sasaran pasar.


Terlebih lagi bila kalian merancang, membuat, serta mendistribusikan kontennya dengan baik pada sasaran pasar.


Maka, mereka akan tertarik untuk lebih memahami produk kalian serta mendorongnya menjadi seseorang konsumen.


Kalian dapat membuat konten media sosial yang terintegrasi dengan web ataupun media konvensional supaya menjadi marketing campaign yang terencana.


5. Inbound Marketing


Ini adalah strategi marketing campaign yang dapat kalian lakukan bila kampanye pemasaran konvensional belum menjangkau konsumen secara maksimal.


Di sini, kalian akan melakukan strategi pemasaran moden yang membuat calon konsumen tertarik serta mencari brand ataupun produk tertentu.


Misalnya, Coca Cola sempat melakukan integrasi antara outbond serta pula inbond marketing saat kampanye Share a Coke.


Coca Cola memasang iklan konvensional serta menggabungkannya dengan inbound marketing.


Konsumen pula diajak untuk aktif mengikuti kampanye pemasaranya yang dibagikan di media sosial. Marketing campaign adalah kunci keberhasilan dari bisnis yang kalian rintis.

Postingan Terakhir

Lihat Semua