top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Memahami Etiket Makan: Panduan Lengkap tentang Table Manners

Table Manners, atau etiket makan, adalah seperangkat norma sosial yang mengatur perilaku saat makan di meja. Memahami dan mengikuti etiket makan yang baik dapat mencerminkan sopan santun seseorang serta meningkatkan kesan positif dalam situasi formal maupun informal. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang Table Manners:


1. Penyusunan Tempat Duduk


Penyusunan tempat duduk dalam suatu acara makan penting untuk memastikan kerapian dan keselarasan. Biasanya, tuan rumah menentukan tempat duduk, tetapi jika tidak, Anda dapat mengikuti aturan umum: wanita duduk di sebelah kanan tuan rumah, sedangkan pria duduk di sebelah kiri.


2. Penanganan Peralatan Makan


  • Garis Kanan-Kiri: Saat memulai hidangan, gunakan garis kanan untuk garpu dan garis kiri untuk pisau. Setelah selesai, letakkan peralatan dengan posisi 4:20 pada piring.

  • Cara Memegang Peralatan: Pegang sendok dengan tangan kanan dan garpu dengan tangan kiri untuk makanan. Untuk potongan daging, gunakan pisau dengan tangan kanan dan garpu dengan tangan kiri.

Table Manners

3. Etiket Makan yang Umum


  • Menjaga Postur Tubuh: Duduk tegak dengan sikap yang sopan. Jangan bersandar atau melipat tangan di meja.

  • Penggunaan Serbet: Gunakan serbet untuk membersihkan bibir sebelum dan sesudah minum atau makan.

  • Menjaga Percakapan: Hindari berbicara dengan mulut penuh atau membuat suara makan yang mengganggu.


4. Tindakan Etiket Makan Spesifik


  • Etiket Makan di Restoran: Tunggu sampai semua orang menerima hidangan sebelum mulai makan. Jangan pernah mengacungkan tangan untuk memesan, gunakan isyarat atau panggil pelayan.

  • Makan di Rumah Seseorang: Tanyakan izin sebelum mengubah hidangan atau mengambil lagi. Hargai upaya tuan rumah dalam menyajikan hidangan.

5. Etiket Khusus Saat Makan Bersama Anak-anak


  • Memberikan Contoh yang Baik: Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana cara menggunakan peralatan makan dengan benar.

  • Mendorong Percakapan yang Baik: Ajak anak-anak berbicara dan berbagi pengalaman mereka di meja makan.

Menerapkan etiket makan yang baik tidak hanya mencerminkan tata krama yang baik, tetapi juga menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan saat makan bersama. Dengan memahami dan mengikuti pedoman-pedoman ini, kita dapat menikmati pengalaman makan yang lebih baik di berbagai kesempatan.


Etiket makan adalah aspek penting dalam interaksi sosial, baik dalam konteks pribadi maupun profesional. Dengan menghormati tradisi serta mengikuti pedoman yang ada, kita dapat menciptakan hubungan yang lebih baik dengan orang di sekitar kita. Jangan ragu untuk mempraktikkan etiket makan ini agar menjadi kebiasaan yang menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari.


71 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page