top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Memahami Definisi & Fungsi Return on Investment (ROI)

Dalam menjalankan suatu bisnis serta perusahaan, return on investment (ROI) adalah salah satu istilah penting yang wajib dimengerti.


Paling utama bila kalian bekerja di bidang commercial, marketing, operation, serta tentunya business.


Supaya kalian dapat lebih mengerti dengan ROI, Groovy EO telah mempersiapkan uraian mendalamnya di bawah ini. Ayo, simak lebih lanjut!



Apa Itu ROI?


Dikutip dari The Balance Small Business, return on investment (ROI) adalah keuntungan finansial yang didapatkan dari suatu investasi.


Singkatnya, ROI ialah tolok ukur yang menampilkan seberapa besar keuntungan yang kalian dapatkan setelah menginvestasikan beberapa uang.


Setelah berinvestasi, tentu kalian mau mendapatkan keuntungan baik dalam jangka panjang ataupun pendek, kan? Sama halnya dengan perusahaan.


Salah satu fungsi ROI adalah untuk memastikan apakah strategi bisnis, baik dari aspek marketing ataupun yang lain, telah cukup efisien ataupun belum.


Maka dari itu, penting sekali untuk memastikan tolok ukur ROI yang paling tepat untuk tiap investasi yang dilakukan. Kemudian, gimana cara menghitung ROI?


Untuk mendapatkan persentase ROI, pertama- tama kalian wajib kurangi total penjualan dengan nominal investasi yang diberikan di awal. Setelah itu, untuk dengan nominal investasi, kemudian kalikan 100% Angka yang didapatkan ialah ROI yang kalian cari.


Semakin besar persentasenya, berarti semakin besar pula laba yang diraih oleh bisnis ataupun perusahaan dari investasi.



Return on Investment ROI

Kenapa ROI Penting?


Dikutip dari Investopedia, ROI adalah perhitungan yang digunakan untuk mengukur efisiensi suatu investasi.


Apakah laba yang didapatkan lebih besar dari nominal investasi di awal? Apakah investasi baik itu dalam bentuk promotion, research and development, serta pula tenaga sales mendatangkan keuntungan ataupun malah rugi?


Singkatnya, hasil perhitungan ini ialah cerminan performance bisnis dalam periode tertentu.


Menguji strategi bisnis


Nah, dalam konteks bisnis, fungsi ROI adalah untuk mengenali serta memahami zona mana di perusahaan yang perlu dioptimasi.


Tak hanya itu, ROI pula dapat menjadi semacam pembenaran apakah strategi bisnis yang mau dijalankan membolehkan ataupun tidak.


Meringankan beban HR


Divisi human resource (HR) biasa mengatur semua karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, paling utama untuk memonitor performa kerjanya.


Dikutip dari Oberlo, perhitungan ROI bisa meringankan beban HR dalam memperhitungkan pekerjaan di regu sales. Gimana triknya?


Pertama- tama, hitung ROI perusahaan di jangka waktu tertentu. Langkah berikutnya adalah membandingkannya dengan penjualan yang sukses terbuat serta pula pendapatan yang diberikan.


Jangan- jangan, wajib ada pengurangan pendapatan sebab performa yang tidak penuhi standar?


Kalkulasi produk baru


Alasan lain kenapa ROI penting untuk perusahaan adalah perhitungan ini penting dalam melihat performa produk baru serta daya guna dari segi finansial.


Berapa keuntungan produk tersebut, bila dibanding dengan biaya produksi, promosi, serta penjualannya?


Jika belum maksimal ataupun sesuai dengan sasaran, apa yang dapat dikurangi?


Apakah strategi marketing yang digunakan telah cukup efisien ataupun malah tidak sukses sama sekali?


Kelebihan serta Kekurangan ROI


Kelebihan


Menghitung ROI tentu saja mempunyai kelebihan utama, ialah tingkatkan daya guna dari seluruh aspek.


Setelah menghitung ROI, kalian jadi dapat ketahui strategi apa yang sukses, strategi apa yang tidak


Sebagai contoh, kalian lagi menjalankan marketing pay- per- click (PPC). Nyatanya, strategi ini tidak mendatangkan profit yang cukup untuk perusahaan.


Ketika telah mengenali perihal ini, kalian akan berupaya membetulkan ads yang digunakan untuk aplikasi PPC supaya ROI dapat bertambah.


Dengan begitu, kalian dapat lebih untung dengan bekerja secara efisien.


Tak hanya itu, kelebihan ROI yang lain adalah mengukur tingkatan profitabilitas yang dapat dihasilkan oleh semua divisi yang ada di perusahaan tersebut.


Analisis ini sangat dapat digunakan paling utama ketika perusahaan mau melakukan perluasan di sebagian divisi.


Perhitungan ROI bisa menjadi salah satu pertimbangan apakah divisi tersebut perlu diekspansi? Apakah proporsional dengan performa yang diberikan kepada perusahaan?


Kekurangan


Dikutip dari Business News Daily, kekurangan ROI adalah perhitungan ini tidak bisa memastikan output dari suatu investasi di masa depan.


Di atas kertas, dapat saja angka perkiraan ROI begitu menggiurkan. Tetapi, tetap lakukan riset mendalam terlebih dulu mengenai apa juga itu yang mau kalian investasikan.


Perihal ini disebabkan tidak ada yang dapat memprediksi masa depan, bahkan ROI yang kurang baik sekalipun


Nah, itu ia uraian mengenai apa itu return on investment (ROI), cara menghitungnya, kenapa ROI ini penting, serta pula kelebihan dan kelemahannya.


Telah lebih mengerti kan dengan seluk- beluk ROI?

29 tampilan0 komentar

コメント


コメント機能がオフになっています。
bottom of page