top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Sales Promotion: Definisi, Tujuan, serta Contohnya

Sales promotion berbeda dengan apa yang diketahui dengan iklan, walaupun keduanya mempunyai tujuan yang sama.


Iklan adalah ajakan untuk konsumen membeli produk dengan bentuk visual berbentuk gambar, video, suara.


Sebaliknya sales promotion bertujuan mengajak konsumen untuk membeli produk dengan memegang sisi pikiran secara masuk akal serta rasional.


Untuk lebih jauh cara memahami sales promotion definisi, tujuan, serta contohnya ini, ikuti dengan saksama seputar promosi penjualan di bawah.


Apa Itu Sales Promotion?


Sales promotion ataupun promosi penjualan adalah salah satu jenis marketing yang umumnya digunakan untuk memperkenalkan produk baru, menghabiskan produk lama, serta tentu saja menaikkan angka penjualan.


Biasanya, sales promotion berlangsung sedangkan, diperuntukan untuk menaikkan minat pembeli terhadap produk serta dilakukan oleh perusahaan saat momen- momen tertentu saja.


Salah satu pemicu lain brand melakukan sales promotion adalah persaingan ketat di pasaran, paling utama bila brand menjual produk yang seragam serta lagi banyak dijual oleh brand yang lain.


Perusahaan serta brand dapat mempunyai peluang untuk kembali menarik perhatian konsumen- konsumennya dengan melakukan promosi.


Sales Promotion Definisi, Tujuan, serta Contohnya

Apa Tujuan Sales Promotion?


Brand awareness


Promosi penjualan umumnya meliputi keuntungan yang menarik serta bisa menaikkan brand awareness. Brand awareness tentu saja akan mempengaruhi kepada perkembangan angka penjualan.


Membuat pasar untuk produk baru


Sesuatu perusahaan serta brand umumnya mempunyai banyak produk ataupun jasa yang ditawarkan. Mungkin saja, masing- masing produk mempunyai sasaran pasarnya masing- masing.


Untuk bisa memperkenalkan produk kepada pasar yang disasar, sales promotion dapat menjadi solusinya. Perusahaan dapat mengenali apakah produknya sudah menyasar sasaran konsumen yang tepat ataupun belum.


Tetap kompetitif


Mungkin perusahaan serta brand kalian lagi mendapatkan angka penjualan yang tinggi. Akan tetapi, jangan sampai perihal ini membuat kamu lengah.


Pada peluang yang sama, mungkin saja kompetitormu lagi melakukan strategi promosi yang dapat menyaingi bahkan mengambil pelangganmu saat ini.


Sales promotion dapat membuat brand tetap kompetitif serta diseleksi terus oleh konsumen.


Loyalitas konsumen


Berkaitan dengan poin lebih dahulu, sales promotion dapat membantu menjaga minat konsumen terhadap brand- mu.


Sales promotion yang menarik bisa membuat konsumen merasa mempunyai keuntungan ketika membeli produkmu dibanding brand yang lain.


Sesekali, penting pula untuk membuat promosi yang diperuntukan khusus untuk member ataupun konsumen yang sudah terdaftar demi melindungi loyalitas mereka.


Apa Saja Contoh- Contoh Promosi Penjualan?


Setelah mengenali tentang sales promotion serta tujuannya, berikut sebagian contoh sales promotion:


  • Hadiah gratis


Banyak cara untuk memaksimalkan taktik sales promotion, salah satunya dengan memberikan hadiah free.


Bila kalian mempunyai restoran, kalian dapat memberikan hidangan penutup secara cuma- cuma sebagai cara promosi.


Toko baju sekalipun pula dapat memberikan beberapa barang free yang mungkin berasal dari stock lama serta dinilai kurang laku.


Tetapi, perhatikan masing- masing baju mempunyai kondisi baik sehingga masih pantas untuk dijadikan hadiah free.


  • Sample gratis


Pada dasarnya, konsumen memanglah suka dengan seluruh suatu yang dapat diperoleh cuma- cuma.


Memberikan sample free bisa merangsang konsumen untuk membeli produk yang kalian jual. Bahkan, yang mungkin lebih dahulu tidak terpikirkan oleh konsumen.


Cara ini teruji efisien, paling utama bila kalian lagi mau memperkenalkan produk baru.


  • Diskon


Kenyataannya, potongan harga bisa mendorong minat beli konsumen terhadap suatu produk.


Ide kalau konsumen bisa mendapatkan sesuatu barang dengan harga yang lebih murah dari umumnya, ialah salah satu bentuk stimuli yang dapat mendorong pembelian dari pelanggan.


  • Voucher serta kupon


Voucher serta kupon, keduanya dapat menghasilkan kesan eksklusif saat kalian memberikannya pada orang- orang terpilih.


Terlebih bila kupon tersebut mempunyai batas waktu pemakaian. Konsumen yang mendapatkan voucher serta kupon istimewa tadi tentu akan merasa perlu memakainya sebelum batas waktu yang ditentukan.


  • Giveaway


Sales promotion dapat dilakukan dengan memaksimalkan media sosial suatu brand. Berperan tidak hanya menaikkan angka penjualan saja.


Melainkan, taktik ini sanggup menaikkan angka engagement untuk social media marketing. Buatlah kuis pada media sosial yang bisa menarik perhatian konsumen.


Kuis dengan giveaway sebagai hadiah pemenang, faktor ini akan memberikan peluang yang sangat bagus untuk mendapatkan pengikut baru di media sosial.


  • Buy one get one free


Ini ialah salah satu bentuk promosi yang kerap digunakan bermacam- macam brand.


Buy One Get One Gratis ataupun diketahui pula dengan BOGO, memberikan keuntungan konsumen dengan mendapatkan 2 produk dengan membayar dengan harga 1 buah produk.


Buy one get one gratis adalah taktik yang cukup efisien digunakan oleh hampir seluruh tipe produk serta jasa.


Seperti itu informasi mengenai sales promotion yang telah Groovy EO rangkum khusus untuk kalian.


Intinya, promosi penjualan ialah suatu strategi yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk menggaet banyak customer dalam waktu yang singkat.


Walaupun metode pemasaran ini sifatnya hanya sedangkan, perusahaan bisa meraup banyak keuntungan bila strategi yang digunakan matang serta terperinci.


Akan tetapi, bila perusahaan mau tetap relevan dalam masa di mana persaingan telah sangat ketat, masih banyak strategi pemasaran yang lain yang perlu mereka garap.

34 tampilan0 komentar
bottom of page