• Groovy Indonesia

8 Strategi Pemasaran Produk Online Mudah & Paling Efisien

para marketer rasanya perlu mengenali strategi pemasaran serta cara memasarkan produk secara online.


Kenapa demikian? Karena, saat ini strategi marketing online mempunyai banyak perbandingan dengan pemasaran yang dilakukan secara tradisional.


Bila dahulu pemasaran tergantung pada pembuatan pamflet, billboard, ataupun iklan di Televisi, saat ini proses pemasaran jauh lebih gampang.


Tips Strategi Pemasaran Produk Online


Dengan mempraktikkan strategi digital marketing, tentunya proses pemasaran produk akan jauh lebih gampang serta efisien. Bahkan, budget yang dikeluarkan juga akan lebih terjangkau.


Nah, bila saat ini kalian mempunyai bisnis berbasis online maka perlu mengenali apa saja strategi pemasaran yang efisien seperti berikut ini


8 Strategi Pemasaran Produk Online


Berikut ini adalah 8 strategi pemasaran produk secara online yang paling efisien serta apabila diterapkan dengan benar maka dapat membantu tingkatkan konversi.

Strategi Pemasaran Produk Online

1. Branding


Apa yang membuat Mac menjadi salah satu laptop dengan performa terbaik serta harga yang mahal? Tentunya sebab, branding yang mereka lakukan berhasil di pasaran.


Itu pula yang wajib dilakukan oleh kita bila mau terjun ke dalam dunia bisnis. Alasannya, branding menjadi salah satu strategi yang paling efisien di masa digital seperti saat ini.


Sebagian metode branding paling sederhana adalah membuat desain logo yang menarik serta gampang diingat.


Selain itu, dengan membuat tagline yang kreatif serta konten yang menarik tentunya pula akan membantu tingkatkan brand awareness.


2. SEO ataupun Search Engine Optimization


SEO adalah salah satu cara memasarkan produk secara online yang paling efisien saat ini.


Tidak hanya berguna untuk bisnis yang telah populer saja, SEO pula efisien untuk usaha kecil menengah.


Bila mau menggunakan strategi yang satu ini maka hendaknya persiapkan dulu web untuk menjalankan bisnis.


Alasannya, SEO dapat membantu tingkatkan pengunjung web yang kita miliki.


Selain itu, bagi Webfx SEO pula mempunyai manfaat lain seperti tingkatkan kredibilitas brand di mata audiens.


Sampai saat ini SEO tetap dimanfaatkan oleh marketer untuk tingkatkan pemasaran sebab masih banyak orang yang mencari sesuatu produk melalui mesin pencarian.


Internet Live Stats sempat mencatat ada sekitar 1, 2 triliun orang yang melakukan pencarian informasi melalui Google.


Banyak di antaranya adalah orang yang mau mencari ketahui informasi ketahui terlebih dulu sebelum membeli barang.


3. SEM ataupun Search Engine Marketing


SEM adalah salah satu alternatif terbaik untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran online.


Strategi pemasaran yang satu ini cukup mirip dengan SEO sebab mengandalkan mesin pencarian seperti Google.


Hanya saja, perbedaannya pada budget yang dikeluarkan. Alasannya, SEM berbayar sebaliknya SEO free.


Tetapi, berkat berbayar tersebutlah, web serta bisnis kita bisa dengan gampang timbul di taman pertama Google tanpa perlu repot melakukan optimasi web.


Umumnya, web yang mempraktikkan strategi pemasaran SEM akan timbul dengan logo“(AD)” ataupun“ Iklan”


Salah satu tools yang paling populer untuk mempraktikkan strategi SEM adalah dengan Google Ads.


Bagi Search Engine Land, Google Ads adalah platform pencarian berbayar yang paling terkenal di golongan marketer.


Perihal itu diakibatkan Google Ads mempunyai fitur yang mutahir sebab dapat menargetkan kata kunci dengan tepat sehingga dapat membuat iklan berada di taman pertama mesin pencarian.


4. Google Bisnisku


Memiliki produk yang dijual secara lokal? Google Bisnisku dapat menjadi salah satu strategi pemasaran online yang paling efisien.


Dengan memakai Google Bisnisku, maka kita bisa mencantumkan alamat bisnis ke dalam Google Maps serta dapat timbul di mesin pencarian Google.


Selain itu, Google Bisnisku pula bisa menunjukkan review yang diberikan oleh pengguna yang sempat memakai ataupun membeli produk kita.


Semakin bagus reviewtersebut tentunya dapat membuat audiens lebih yakin dengan produk ataupun layanan yang kita tawarkan.


5. Email Marketing


Email marketing pula menjadi salah satu cara memasarkan produk online yang paling efisien sebab sebagian alasan berikut:


  • Lebih terukur siapa yang akan menerima email

  • Lebih pribadi sebab menghubungi langsung calon konsumen

  • Biaya yang tidak sangat mahal

  • 35% orang di dunia mempunyai email


Bila mau menerapkannya, tools untuk email marketing yang paling populer adalah MailChimp. Akan tetapi, tools tersebut hanya terbatas pada 2000 pengiriman email tiap bulan.


Saat menerapakan email marketing, lebih dahulu kita wajib mempersiapkan database calon konsumen yang akan ditargetkan terlebih dulu.


Jadi, dimana kita dapat mendapatkan database untuk email marketing? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menawarkan e- book free yang berguna kepada audiens.


Tetapi, sebelum dapat men- download- nya, mereka diwajibkan mencantumkan email terlebih dulu supaya dapat ditaruh dalam database.


6. CRM ataupun Customer Relationship Management


Strategi pemasaran produk online yang berikutnya adalah dengan melakukan CRM ataupun customer relationship management.


Sesungguhnya perihal yang satu ini berfokus pada gimana cara menjalakan ikatan baik dengan konsumen yang sempat memakai produk ataupun jasa kita.


Jadi, saat bisnis sanggup memberikan layanan yang bagus tentunya brand dapat mempunyai reputasi yang baik. Calon audiens juga kesimpulannya dapat penasaran serta tertarik untuk mencoba memakainya.


7. Influencer Marketing


Mau hasil yang lebih praktis serta cepat dalam memasarkan produk? Kalian dapat mencoba memakai strategi pemasaran influencer marketing.


Bagi Sprout Social, influencer marketing sangat efisien sebab orang akan lebih yakin dengan apa yang dikatakan oleh influencer kesukaan mereka daripada hanya semata- mata melihat iklan saja.


Sebagian kelebihan dari strategi pemasaran yang satu ini misalnya tingkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak sasaran audiens, hingga tingkatkan kredibilitas brand.


Walaupun begitu, dalam mempraktikkan strategi ini dibutuhkan perhitungan yang tepat. Selain dari penghitungan budget, proses pemilihan influencer pula wajib dicermati.


8. Content Marketing


Strategi pemasaran online yang terakhir dalam daftar ini adalah content marketing.


Sesuai dengan namanya, content marketing adalah strategi yang berfokus pada konten. Baik itu berbentuk konten untuk web, Instagram, podcast, serta masih banyak yang lain.


Bagi Neil Patel, content marketing bertujuan untuk membangun jalinan yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama.


Maka dari itu, konten haruslah relevan dengan audiens supaya dapat terbentuk perasaan emosional antara audiens dengan brand.


Seperti itu sebagian contoh strategi pemasaran online yang paling efisien untuk membantu marketing tingkatkan penjualanmu.


Selain mengikuti tips di atas, jangan lupa untuk memilih channel marketing yang tepat supaya sasaran konsumen dapat betul- betul terjangkau.


Tetapi, satu perihal yang tentu adalah senantiasa konsisten dalam mempraktikkan strategi di atas.


Alasannya, sebaik apa juga 8 strategi pemasaran produk online mudah & paling efisien yang terbuat bila tidak dapat konsisten, akan tetap sulit mendapatkan keuntungan yang maksimal.


Walaupun begitu, jangan menyerah untuk tetap berupaya memajukan bisnis yang dipunyai, ya.

Postingan Terakhir

Lihat Semua