• Groovy Indonesia

Reputasi Brand Buruk? Coba Perbaiki Dengan 6 Cara Ini

Ketika reputasi brand buruk di mata pelanggan, perusahaan wajib segera mengambil langkah untuk memperbaiki perihal tersebut, entah dengan cara apa juga.


Untuk pebisnis, reputasi brand ataupun merk menjadi nyawa yang penting untuk dilindungi sampai kapan juga.


Bila ada sesuatu kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja, baik dari segi pelayanan maupun komunikasi terhadap pelanggan, perihal tersebut wajib segera diperbaiki.


Karena, bila dibiarkan begitu saja, pelanggan merasa kalau brand telah tidak kredibel lagi.


Walhasil, ada mungkin pelanggan akan memberitahukan informasi tersebut, entah ke orang terdekatnya ataupun media sosial.

Reputasi Brand Buruk Coba Perbaiki dengan 6 Cara Ini

Cara Memperbaiki Reputasi Brand


Nah, memangnya, gimana, sih, cara memperbaiki reputasi brand yang telah terlanjur ditatap kurang baik oleh pelanggan?


Reputasi Brand Buruk? Coba Perbaiki Dengan 6 Cara dibawah Ini


1. Akui Kesalahan & Minta Maaf


Sejatinya, bagi The Future of Commerce, kejujuran adalah perihal terutama dalam branding.


Bila melakukan kesalahan, hendaknya berlagak jujur serta terbuka tentang brand- mu kepada semua pelanggan.


Minta maaf atas kesalahan yang sudah diperbuat serta berjanji kepada pelanggan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.


Jangan sampai brand- mu malah tidak mengakui kesalahan tersebut serta berlagak seakan- akan yang salah terletak pada pihak konsumen.


Jadi, jangan khawatir untuk berlagak jujur serta terbuka, ya. Pelanggan sangat menggemari brand yang terbuka sebab bisa membangun ikatan emosional.


2. Terima Saran & kritik


Menerima saran serta kritik dari pelanggan adalah cara yang tepat untuk memperbaiki reputasi brand.


Di masa digital saat ini, saran serta kritik dapat diberikan melalui mana saja, entah itu melalui Google Review, pendapat di media sosial, ataupun tempat- tempat yang lain.


Nah, kritik- kritik tersebut bisa dibaca oleh orang lain saat hendak membeli produkmu serta dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan transaksi.


Untuk kurangi terdapatnya perihal tersebut, hendaknya pahami kritik yang masuk serta upayakan untuk tingkatkan mutu brand supaya pelanggan puas.


3. Ikut Serta Dalam Komunitas


Seperti yang kita tahu, komunitas memegang peran penting dalam branding.


Bagi Digital Marketing Community, sebagai brand, tak ada salahnya untuk mendatangi kegiatan komunitas ataupun bahkan memberikan sponsorship kepada mereka.


Sadar ataupun tidak, ini adalah cara yang tepat untuk memperbaiki reputasi brand secara fundamental.


Melalui komunitas, kalian bisa kembali membangun branding dengan baik ke segala penjuru media sosial, dibantu dengan orang- orang di dalam komunitas.


4. Tingkatkan Customer Service


Customer service adalah sebagai jembatan penghubung antara brand kamu dengan pelanggan. Memanglah, peran ini wajib ditingkatkan saat reputasi brand lagi naik- naiknya.


Akan tetapi, ketika reputasi brand lagi kurang baik, malah customer service wajib lebih ditingkatkan lagi supaya keyakinan pelanggan kembali.


Mungkin, saat ada pelanggan kembali menanyakan produkmu, customer service wajib berlagak lebih ramah, merekomendasikan produk unggulan, dan mengucapkan terima kasih atas ketertarikannya terhadap produkmu.


5. Pantau Pergerakan Brand


Cara berikutnya dalam memperbaiki reputasi brand adalah memantau pergerakannya secara rutin.


Apakah branding yang dilakukan telah efisien di media sosial? Apakah masih ada pendapat yang tidak lezat terpaut brand- mu?


Mengutip Digital Branding Institute, kritik serta keluhan yang diajukan dalam dunia digital bisa memunculkan statment yang salah mengenai brand.


Oleh sebab itu, kalian wajib segera memperbaikinya secepat mungkin. Pantau terus usahamu dalam mengembalikan nama baik brand.


Bila masih ada pendapat yang kurang lezat, segera atasi perihal tersebut dengan menghubungi customer yang bersangkutan serta menawarkan solusi yang tepat.


6. Pikirkan Strategi ke Depan


Memanglah, dunia digital membantu kita untuk meningkatkan brand dengan cepat. Di sisi lain, ini pula akan membuat brand hadapi penyusutan yang ekstrem bila kalian melakukan kesalahan.


Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak memublikasikan suatu di media sosial. Mulailah berpikir strategi apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk kembali membangun brand.


Apakah itu akan mengundang influencer ternama, mengadakan diskon besar- besaran ataupun bahkan melakukan rebranding dapat saja jadi strategi yang diambil.


Sembari rehat dari media sosial, jangan lupa untuk tetap memantau pertumbuhan brand- mu, ya. Nah Itulah 6 cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki reputasi brand.


Sebesar apa juga brand- mu, kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja akan memunculkan perspektif kurang baik di mata pelanggan.


Jadi, ketika perihal ini terjadi, hendaknya segera diatasi dengan cepat, ya.

Postingan Terakhir

Lihat Semua