top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Customer Engagement: Pengertian, Cara Mengukur & Penerapannya

Customer engagement adalah sesuatu ikatan komunikasi ataupun interaksi yang terjalin antara para owner kepentingan eksternal seperti customer serta pihak produsen ataupun perusahaan melalui bermacam saluran.


Dikutip dari mycustomer.com, customer engagement disebut sebagai keterikatan pelanggan, yang mana ikatan komunikasi antara produsen serta konsumen.


Perihal itu bisa terjadi melalui sesuatu interaksi, respon, dampak, ataupun pengalaman yang dialami pelanggan secara totalitas terhadap produk ataupun layanan jasa yang mereka seleksi.


Keterlibatan pelanggan dalam proses pemasaran ini bisa melalui offline ialah interaksi secara langsung dengan produsen ataupun melalui online dengan memakai media sosial.


Kenapa Customer Engagement Penting?


Customer engagement ataupun keterikatan pelanggan adalah perihal yang sangat penting. Alasannya, ikatan yang terjalin dengan baik antara produsen serta konsumen akan mengikat customer untuk terus memilih produk ataupun layanan jasa kita secara berkala.


Ketika kita sukses menghasilkan customer engagement dalam jangka panjang, pelanggan akan merasa puas dengan layanan pelanggan ataupun customer service yang kita bagikan.


Salah satu penanda keterlibatan pelanggan yang sukses adalah loyalitas customer menjadi semakin bertambah pada produk serta layanan jasa kita.

Customer Engagement

Gimana Cara Mengukurnya?


Tidak hirau apapun tipe bisnis yang kalian pembaca miliki, customer engagement adalah sesuatu perihal yang sangat penting untuk kita bangun di dalam bisnis.


Gimana cara mengukurnya? Sama seperti yang dilansir dari Forbes, berikut ini contoh perhitungan untuk mengukur engagement di media sosial:


Anggap, pada satu bulan, akun yang dikelola model tertentu menerbitkan 12 konten di Facebook serta menghasilkan complete 1. 200 attain organik.


Serta 12 konten tersebut, menghasilkan respons berikut:


  • 10 pendapat( feedback)

  • 10 share

  • 24 likes

  • 5 klik


Yang berarti, complete kegiatan responsnya adalah 39.


Maka untuk mengenali rasio engagement pada konten media sosial bulan itu adalah,( complete kegiatan reaksi/ engagement: complete views/ attain) x 100%


Bersumber pada contoh di atas,( 39: 1. 200) x 100%= 3, 25%


Begitulah bawah pengukuran rasio interaksi ataupun engagement dari konten di media sosial. Dari sana, yang perlu disasar adalah persentase engagement yang kian tinggi dari waktu ke waktu.


Alasannya, dapat jadi konten yang dilihat 1. 000 orang serta aktif memberikan reaksi, lebih baik dibanding dilihat 100. 000 orang tetapi tidak merespon konten sama sekali.


Walaupun demikian, kembali lagi, bergantung goal ataupun tujuan yang diresmikan.


Ide Customer Engagement di Media Sosial


Ada sebagian ide untuk tingkatkan customer engagement yang baik pada bisnis, di antaranya adalah:


  • Terus melakukan perubahan strategi yang menarik perhatian para pelanggan melalui media sosial

  • Buat pelanggan tergoda dengan artikel foto serta video bisnis kamu

  • Membuat situs internet yang handal untuk bisnis kamu

  • Menyapa konsumen melalui email

  • Mengirim email ulang tahun kepada pelanggan kita

  • Responsif terhadap umpan balik dari pelanggan

  • Bagikan pengalaman positif yang tak terlupakan untuk pelanggan setia kamu

  • Ajak pelanggan setia untuk jalan- jalan bersama regu bisnis kamu

  • Pertahankan pelanggan setia kamu


Nah itulah tentang customer engagement: pengertian, cara mengukur & penerapannya, Jika kamu menggabungkan semua cara di atas, adalah perihal yang bisa memudahkanmu dalam membangun customer engagement dengan para pelanggan. Kalian dapat menerapkannya serta amati hasilnya pada bisnismu.

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page