top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Pengenalan Dasar Facebook Ads

Diperbarui: 12 Jun 2023

Mengalami sponsored post dalam timeline Facebook kita, mungkin tidaklah perihal yang baru serta aneh lagi. Artikel iklan yang mempunyai sasaran ini adalah Facebook Ads, yang ialah salah satu fitur berbayar Facebook.


Fitur ini kerap kali digunakan oleh perusahaan ataupun brand bahkan perorangan untuk berpromosi dengan tujuan menghasilkan pemahaman ataupun menaikkan penjualan.


Kemudian, seberapa besar pengaruh Facebook Ads ini dalam dunia pemasaran digital?


Apa Itu Facebook Ads?


Facebook Ads adalah suatu singkatan dari Facebook Advertising yang ialah fitur berbayar Facebook untuk mengiklankan artikel di suatu akun.


Facebook Advertising bisa diatur sesuai dengan sasaran yang di idamkan mulai dari interest, gender, usia, bahkan lokasi ataupun domisili yang mau disasar.


Budget yang mau digunakan juga pula bermacam- macam, hanya mulai dari 20 ribu per hari saja kalian telah dapat membuat iklan di Facebook.


Semakin banyak budget yang digunakan, semakin tinggi pula reach ataupun jangkauan yang dari artikel yang kalian pasarkan.


Iklan ini pula mempunyai bermacam macam jenis seperti: image ads, video ads, video poll ads, carousel ads, slideshow ads, stories ads, serta pula playable ads(untuk games).


Facebook Ads

Mengapa Facebook Ads?


Dengan bermacam macam strategi marketing, kenapa Facebook Ads diseleksi sebagai fasilitas promosi? Salah satu keuntugan memakai Ads adalah terdapatnya pemakaian sasaran.


Facebook Ads tak semata- mata iklan yang melalui di tiap timeline pengguna Facebook. Facebook Ads mempunyai pengaturan sasaran yang bisa diatur sesuai dengan sasaran market si pengiklan.


Tentunya ini sangat menguntungkan para pengiklan sebab tak perlu lagi bingung apakah iklan yang mereka siaran sampai ke sasaran.


Mereka pula tak perlu gelisah Apakah jangkauan iklan sesuai dengan budget yang dikeluarkan. Seluruhnya bisa diatur oleh pengiklan serta pengiklan bisa membaca laporannya sebagai bahan pembelajaran berikutnya.

Facebook Ads

Plus Minus Facebook Ads


Walaupun efisien, nyatanya Facebook Ads masih mempunyai plus serta minus yang perlu jadi pertimbangan. Apa saja itu?


1. Poin plus


- Campaign yang terbuat sangat gampang untuk dilacak.


- Peningkatan traffic secara cepat


- Budget bisa dikontrol


- Sasaran yang sangat rinci, mulai dari usia, interest, kota, demografi, bahkan pemasukan per bulan


- Lebih gampang digunakan dibanding Google AdWords


- Keahlian untuk menjangkau sasaran lebih awal dalam proses pembelian sebelum mereka sadar akan kebutuhannya


- Pengiklan bisa memakai gambar serta video untuk menangkap ketertarikan dari sasaran market


- Cost Per Click (CPC) murah sangat sesuai dengan industri yang dijalankan


2. Poin minus


- Bila pengiklan tidak mengatur iklan dengan benar, maka iklan tak akan berjalan dengan baik meski telah mengeluarkan biaya yang mahal


- Audiens yang diharapkan dapat menjadi calon konsumen yang potensial dapat saja nyatanya tidak sesuai


- Tidak ada opsi untuk mengatur iklan dalam jam tertentu, iklan tayang selama 24 jam dalam sehari


- Facebook Ads hanya sesuai untuk bisnis yang bekerja dalam bentuk business to customer


Tipe - Tipe Facebook Ads


Dikutip dari Buffer, ada sebagian jenis Facebook Ads yang bisa disesuaikan dengan bisnis dari pengiklan, di antaranya adalah:


1. Boost post


Boost post ialah jenis iklan yang mempromosikan artikel dari suatu akun yang nantinya akan timbul dalam desktop news feed, mobile news feed, serta pula desktop right column.


Jenis iklan ini umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu ataupun promosi toko yang lagi berlangsung.


2. Promote page


Apakah saat kalian lagi scroll timeline kalian suka mendapat iklan seperti gambar di atas? Facebook Ads dengan jenis ini adalah promote page.


Promote page akan mengiklankan satu akun penuh dengan deskripsi singkat. Umumnya promote page digunakan untuk mempromosikan suatu fanpage yang dapat berisi penjualan ataupun hanya semata- mata informasi dari perusahaan.


Siapapun yang memencet tombol like pada page yang diiklankan, mereka akan mendapatkan update dari pages tersebut. Promote page bertujuan untuk tingkatkan jumlah like ataupun followers.


3. Web ads


Bila kalian mau mempromosikan web, kalian dapat memakai jenis ads yang satu ini. Salah satu syarat yang dipadati adalah kalian tetap wajib mempunyai page di Facebook.


Nantinya, iklan akan timbul seperti gambar di atas yang akan langsung tersambung dengan web yang mau dipromosikan. Cara ini efisien bila kalian mau menaikkan traffic rate dalam web.


4. Install app ads


Apakah kalian seseorang pengembang aplikasi? Nah, cara beriklan ini dapat jadi opsi bila kalian mau tingkatkan jumlah pengguna sekalian tingkatkan pemahaman warga.


Dengan menggunakna jenis iklan ini, sasaran akan dibawa masuk langsung ke link di mana aplikasimu ada untuk di- download.


5. Event ads


Tidak hanya untuk bisnis, Facebook Ads pula dapat digunakan untuk mempromosikan kegiatan yang akan diselenggarakan. Perihal ini bertujuan untuk tingkatkan jumlah partisipan ataupun tingkatkan pemahaman akan terdapatnya event tersebut.


Tak semata- mata mempromosikan kegiatan, tetapi bentuk dari iklan ini pula sangat detail, lengkap dengan waktu dan lokasi.


Sasaran yang mendapatkan iklan ini secara otomatis tak perlu mencari info lebih lanjut bila tertarik. Cukup dengan satu tampilan saja mereka telah mendapatkan rincian yang sangat cukup.


Memilih Audiens untuk Facebook Ads


Kalian dapat saja telah mengenali sasaran market ataupun sasaran audiens dari produk yang kalian jual. Tetapi, apakah kalian telah ketahui secara rinci siapa saja yang mau disasar?


Dalam system Facebook Ads Targeting, perincian semacam itu adalah salah satu faktor keunggulannya. Apa saja yang diatur dalam fitur iklan kepunyaan Facebook itu?


1. Lokasi


Lokasi sangat memastikan sepanjang mana promosi kalian akan sampai. Kalian dapat memasukkan kota- kota besar ataupun negara lain.


Bila kalian mau memasukkan kota ataupun daerah tertentu, kalian dapat menuliskan kode pos dari daerah tersebut.


Akumulasi lokasi juga pula tak ada batasannya. Kalian dapat meningkatkan sebanyak mungkin lokasi yang mau kalian targetkan dalam promosi ataupun penjualan.


2. Usia, tipe kelamin, serta bahasa


Untuk kolom ini, kalian dapat mengatur usia dari sasaran yang mau kalian sasar. Umumnya, kolom yang ada akan menyediakan kisaran ataupun garis besar saja misalnya usia 16- 30, 30- 45, serta seterusnya.


Kalian pula dapat mengatur gender dari penerima iklan, lho! Bila kalian misalnya berjualan produk untuk wanita, klik sasaran pada wanita supaya iklan berjalan lebih efisien.


3. Kesukaan serta perilaku


Interest serta behaviour ialah kolom khusus untuk memilih secara rinci serta segmented gimana penerima iklan berperilaku serta sesuai dengan kesukaannya.


Contohnya bila kalian menawarkan produk mobil antik, kalian dapat memasukkan keyword“ antique car“,“ mobil antik”, serta sebagainya.


Dalam kolom ini pula ada opsi untuk demografi yang dapat kalian isi dengan jumlah pemasukan sasaran sampai pula bimbingan dari sasaran. Perihal ini bertujuan iklan sampai kepada orang yang betul- betul tepat.


Tips Penting Menjalankan Facebook Ads


Dikutip dari Hootsuite, ada sebagian cara pintar untuk memakai Facebook Ads untuk suatu bisnis. Di antaranya adalah:


1. Eksperimen dengan sasaran audiens


Facebook Ads adalah perihal yang mungkin perlu sebagian kali percobaan sebelum berhasil. Tidak ada jaminan atas keberhasilan dari perihal ini dalam sekali coba. Perihal ini membuat kalian wajib berani untuk bereksperimen.


Pelajarilah report yang diberikan oleh Facebook tiap kali iklan berakhir. Dengan begitu, kalian dapat mengevaluasi kembali untuk iklan berikutnya.


2. Pakai Facebook Pixel


Facebook Pixel adalah suatu kode kecil yang bisa bawa pengaruh besar pada iklan yang kalian buat.


Bila kalian meletakkan kode ini dalam web, kalian akan mendapatkan report dari conversions, pengiklanan kembali kepada orang yang sudah melihat iklanmu, serta menghasilkan audiens yang seragam secara otomatis.


3. Pakai foto serta video bermutu tinggi


Apa yang membuat orang tak tertarik dengan suatu iklan? Foto dengan resolusi rendah? Foto tak relevan? Video yang rusak?


Betul, orang akan melihat visualnya terlebih dulu sebelum mencari info lebih lanjut mengenai iklan tersebut. Maka dari itu, visual sangat penting untuk dicermati.


Gunakanlah foto ataupun visual yang baik untuk menarik perhatian. Bila mau memakai video, pastikan video bisa dimengerti dengan gampang meski berdurasi singkat.

20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Yorumlar


Yorumlara kapatıldı.
bottom of page