• Groovy Indonesia

Inbound Marketing: Strategi Pemasaran Digital

Kalian mungkin telah kerap mendengar bermacam istilah dalam dunia marketing. Gimana dengan inbound marketing, telah sempat dengar belum? Inbound marketing adalah salah satu strategi marketing yang saat ini lagi hype serta dinilai efisien dalam dunia pemasaran.


Sesungguhnya, apa sih inbound marketing serta gimana cara kerjanya? Ayo, cari ketahui dalam uraian berikut.


Apa Itu Inbound Marketing?


Inbound Marketing adalah suatu strategi digital marketing yang mengoptimalkan pemakaian internet sebagai fasilitas pemasarannya. Dalam perihal ini inbound marketing menggunakan konten digital, SEO, media sosial, web, serta yang lain supaya gampang ditemui oleh sasaran audiens.


Tujuan utama inbound marketing adalah membangun brand awareness kepada sasaran audiens. Dari sana, audiens yang suka dengan produk yang ditawarkan ataupun brand tersebut akan merasa perlu serta mencari datanya secara sukarela.


Inbound marketing bukan hanya soal membuat konten untuk membangun keakraban emosional. Strategi pemasaran ini pula mencakup gimana suatu produk ataupun brand wajib sukses menghasilkan ikatan jangka panjang dengan audiensnya.


Dikutip dari Hubspot, inbound marketing adalah suatu tata cara membangun bisnis dengan cara menarik perhatian( attracting), mengaitkan( engaging), serta memuaskan( delighting) warga biar timbul keyakinan.


Jadi walaupun teknologi terus tumbuh, strategi inbound dapat menjadi acuan untuk menjalankan bisnis secara lebih manusiawi.

Inbound Marketing Strategi Pemasaran Digital

Kenapa Inbound Marketing Penting?


Saat teknologi belum tumbuh, para audiens akan mencari informasi produk melalui majalah, brosur ataupun bahkan billboard di jalanan. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin mutahir, berganti pula sikap alias behavior warga dalam berbelanja serta mencari informasi.


Pada era online ini, mayoritas orang akan mencari informasi sendiri di internet. Mereka akan mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan serta seleranya sendiri.


Mereka dapat menemukan informasi ini di media sosial, video YouTube, ataupun bahkan saat tidak terencana mendengar iklan di podcast kesukaan mereka.


Dari sinilah inbound marketing wajib dioptimalkan. Mulailah dari fitur iklan Instagram. Fitur iklan di Instagram bisa disesuaikan dengan sasaran audiens yang dituju. Misalnya dari segi usia sampai interest.


Ini tentu akan membuat iklan jadi lebih berkesan serta terasa personal untuk sasaran audiens.


Bayangkan saja bila seorang yang lagi perlu produk yang dicari kemudian seketika melihat iklan tersebut. Tentu penjualan akan langsung naik bila iklannya tepat sasaran. Perihal inilah yang dilakukan oleh inbound marketing, masuk ke dalam interest seorang serta memaksimalkannya.


Maka dari itu, inbound marketing sangat penting untuk brand ataupun perusahaan yang mau awareness- nya cepat naik. Promosi yang digunakan juga wajib sepersonal mungkin untuk membangun ikatan emosional dengan audiens.


Kecepatan penyebaran informasi di internet pula sangat efisien dalam pemakaian inbound marketing.


Inbound marketing pula mempunyai keunggulan antara lain:


  1. Membentuk selera serta keunikan suatu brand serta mempengaruhi pembelian di masa mendatang

  2. Kamu bisa menghasilkan data cukup akurat dari platform online

  3. Membantu mengoptimalkan jumlah pencarian brand melalui SEO serta menjadikannya gampang dicari

  4. Brand awareness yang semakin tinggi

  5. Mengirit biaya dibanding dengan cara pemasaran tradisional


Strategi Inbound Marketing


Mempraktikkan inbound marketing nyatanya tidak semata- mata memaksimalkan fitur Ads ataupun SEO saja, lho! Ada sebagian strategi pemasaran yang jitu dalam membuat promosi menjadi lebih efisien supaya sampai ke para audiens.


1. Attracting


Untuk menarik perhatian para audiens, sesi pertama yang digunakan adalah attracting strategies. Kalian bisa mengawalinya dengan membuat konten yang relevan seperti postingan web, promo, serta akun media sosial.


Isi dengan detail dari produk yang kalian jual, testimonial, diskon, serta yang terutama adalah uraian mengenai produkmu. Ingat, penjelasannya wajib relevan, yang artinya dapat memberikan solusi dari masalah- masalah yang dialami oleh konsumen.


Dapat pula kalian memperdalam dengan strategi SEO dengan kata kunci yang disasar. Dengan SEO, produkmu akan lebih kerap timbul di taman pencarian search engine seperti Google.


Dari situlah orang yang memerlukan produkmu akan menciptakannya saat memasukkan kata kunci yang relevan.


2. Engaging


Apa yang wajib dilakukan setelah mendapatkan banyak customer ataupun konsumen? Saatnya naik ke tingkatan selanjutnya serta pakai engaging strategies.


Dalam inbound marketing, perusahaan diharuskan menjalakan ikatan yang baik dengan customer. Buatlah engagement suatu produk secara personal dengan masing- masing customer supaya ikatan langgeng serta kerja sama dapat terjalin dalam jangka waktu panjang.


Salah satu engagement adalah dengan cara memperdalam skill CS. Mulai dari memberikan solusi dari tiap persoalan customer, menangani after sales yang baik, serta yang pastinya mengadakan gaya komunikasi yang luwes.


Ya, gaya komunikasi nyatanya sangat mempengaruhi, lho! Jangan sampai cara komunikasi dengan customer terasa sangat prosedural atau bisa dibilang seperti robot.


Gunakanlah pendekatan yang personal sehingga terasa terdapatnya keakraban antara customer dengan brand- mu.


Salah satu anjuran yang dikutip dari Hubpsot ialah janganlah menjual produk; melainkan jual solusi kepada para konsumen. Dengan cara ini brand akan menjadi one- stop- solution tanpa terlihat terang- terangan lagi berjualan serta mencari keuntungan.


3. Delighting


Strategi pemasaran ini adalah sesi di mana perusahaan memastikan kepuasan dari para konsumen. Dalam sesi ini, perusahaan wajib mempunyai regu yang baik untuk melindungi ikatan antara konsumen serta brand.


Salah satu cara simpel untuk memastikan kepuasan konsumen adalah dengan mengadakan survei. Survei ini pula bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk ke depannya.


Tak perlu repot- repot, survei saat ini telah bisa dilakukan di Instagram. Pakai fitur seperti polling, multiple choice, sampai questions untuk mencermati curhat para konsumen mengenai produk yang mereka terima.


Jangan lupa pula untuk senantiasa meresponnya dengan baik serta sesuaikan gaya komunikasimu Perlakukan konsumen dengan santun serta penuh kepedulian.


Ingat, konsumen bukan hanya semata- mata penambah pundi- pundimu saja. Mereka pula dapat menjadi promoter yang loyal yang akan membantu memasarkan brand- mu dalam lingkup sosialnya.


Belajar Inbound Marketing


Dikutip dari Impact, ada sebagian cara yang bisa ditempuh jika kalian tertarik untuk belajar inbound marketing. Di antaranya adalah:


1. Sertifikasi


Bila kalian mau menekuni ilmu marketing ini secara mendalam, jangan lupa sisihkan sebagian uangmu untuk mengambil sertifikasi.


Umumnya bentuk dari sertifikasi adalah belajar di dalam kelas dengan sebagian murid yang lain secara bertepatan. Mungkin dapat dikatakan sertifikasi mirip dengan kursus.


Umumnya program sertifikasi menawarkan agenda, jumlah pertemuan yang wajib kalian hadiri, serta pula uji ataupun tes. Bila kalian lolos uji serta dikira dapat mengikuti kelas tersebut, kalian akan mendapatkan sertifikat kelulusan.


Tetapi, saat ini program sertifikasi pula dapat didapatkan secara online, lho! Jangan lupa untuk rajin- rajin mencari informasi, sebab sebagian situs membuka kelas online yang dapat kalian ikuti kapan saja serta di mana saja. Contohnya Digital Marketer Lab serta Hubspot Academy.


2. Workshop


Banyak sekali workshop yang berkaitan dengan marketing saat ini ini. Workshop umumnya dilakukan secara beramai- ramai dalam waktu yang singkat, tidak selama kursus.


Kalian akan mendapatkan intisari dari pokok pembahasannya serta sisanya dapat kalian ulik- ulik lebih dalam secara mandiri. Pembicara dalam workshop pula ialah pakar dari tema yang di informasikan.


Workshop pastinya akan membuat proses belajar lebih mengasyikkan sebab dapat tanya jawab dengan si ahli. Akun Instagram@maubelajarapa kerap memberikan informasi workshop dengan tema yang menarik.


Jadi, tidak ada alasan ketinggalan informasi untuk meningkatkan diri dengan belajar marketing.


3. Konferensi


Malas untuk belajar secara mendetail seperti kelas kuliah? Mungkin cara belajar yang sesuai untukmu adalah konferensi( conference). Di dalam conference, kalian dapat mencatat bermacam perihal dari sebagian narasumber yang telah pakar.


Live conference di internet juga pula telah banyak ditawarkan sehingga kalian dapat menontonnya dari rumah ataupun dari kantor.


Nah, menarik sekali kan ulasan mengenai inbound marketing strategi pemasaran digital yang sangat bermanfaat di tahun ini?

Postingan Terakhir

Lihat Semua