• Groovy Indonesia

Memahami Virtual Conference, Jenis serta Manfaatnya

Diperbarui: 14 Feb

Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju, Virtual Conference semakin banyak dipakai untuk mempertemukan banyak orang di bermacam lokasi alhasil bisa berjumpa secara virtual serta melakukan bisnis.


Virtual Conference sudah menjadi media yang semakin terkenal serta bisa diterima untuk meningkatkan serta menjangkau audiens yang lebih besar.


Bisnis di bermacam tipe industri sudah mengetahui kalau melangsungkan rapat secara virtual jauh lebih murah dari kegiatan lihat wajah.


Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perihal ini, di sini kita akan membuktikan pada Kamu apa itu Virtual Conference dan jenis serta perbandingan masing- masing.


Apa itu Virtual Conference?


Virtual Conference membolehkan partisipan dari jarak jauh ataupun bahkan dari bagian Negara lain, untuk mengakses pertemuan serta kegiatan langsung dari tempat masing- masing memakai pc ataupun perangkat yang lain.


Bisa diselenggarakan seluruhnya melalui Internet ataupun jaringan telepon dimana partisipan tidak perlu terkumpul di ruangan fisik yang sama.


Melalui teknologi informasi yang didesain khusus untuk pengalaman virtual, partisipan bisa berasosiasi dalam rapat virtual dengan gampang.


Selain kegiatan langsung, rapat virtual melingkupi forum dialog, peluang jaringan, pusat sumber rapat, keahlian untuk mencari serta rumpi dengan partisipan rapat yang lain, serta fitur yang lain.


Semua ini didesain khusus untuk memberikan peluang yang sama pada partisipan virtual untuk mendapatkan pengalaman rapat yang sama dengan partisipan di tempat.

Memahami Virtual Conference jenis serta manfaatnya
Memahami Virtual Conference jenis serta manfaatnya

3 Jenis Virtual Conference


Teleconference, Video Conference, serta Web Conference adalah 3 tipe utama Virtual Conference yang diaplikasikan pada bermacam tipe suasana ataupun industri.


Berikut adalah identifikasi singkat mengenai ketiga tipe tersebut.


1. Teleconference


Teleconference mengaitkan partisipan rapat melalui saluran telepon. Perihal ini bisa digapai melalui sambungan telepon rumah ataupun perangkat seluler, yang membolehkan banyak orang untuk tersambung secara berbarengan dari bermacam lokasi. Ini termasuk rapat telepon, rapat telepon serta rapat audio, dan lain- lain.


Kelemahan dari teleconference adalah kalau tidak ada rujukan visual untuk partisipan rapat, serta orang tidak mempunyai akses untuk mengenali siapa yang berdialog serta tidak bisa melihat satu sama lain.


Bentuk ini bisa lebih efisien bila semua partisipan telekonferensi dipublikasikan terlebih dulu, serta bila tiap orang mengenali dirinya sebelum berpendapat.


2. Video Conference


Video Conference membolehkan partisipan untuk tidak hanya mengikuti tetapi pula melihat satu sama lain.


Orang yang mau berasosiasi dalam rapat video membutuhkan perangkat keras dengan kamera, video codec, speaker mikrofon dan umumnya dibekali dengan remote control.


Tipe rapat virtual ini kerap dipakai oleh perusahaan yang kerap melangsungkan rapat serta kordinasi antar kantor agen di lokasi yang berbeda.


Perangkat Video Conference umumnya ditempatkan di ruang rapat khusus yang pula menyediakan proyektor atau Televisi sebagai screen untuk menunjukkan video dari partisipan rapat.


3. Web Conference


Web Conference adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan proses pemakaian Internet serta browser web untuk mengaitkan individu ataupun golongan bersama- sama dari area geografis yang terpisah.


Web conference bisa berbentuk rapat online, webinar dan bisa dipakai menunjukkan pengajuan langsung secara real time.


Web Conference membolehkan komunikasi point- to- point atau komunikasi multipoint. Teknologi ini menawarkan perihal yang jauh lebih efisien sebab pesan berbasis bacaan, suara, serta video untuk dibagikan secara berbarengan cukup melalui laptop, tablet ataupun ponsel pintar.


Melangsungkan Conference di masa pandemi


Rancangan Virtual Conference semakin bertumbuh serta dengan mengombinasikan bermacam macam fitur serta teknologi.


Lebih dari hanya komunikasi audio visual, Virtual Conference pula bisa mengaitkan interaksi yang lebih dari partisipan dengan memperkenalkan Fitur Chat (Public Chat serta Private Chat), Q&A, Kuisoner bahkan integrasi dengan Games yang menunjukkan leaderboard.


Partisipan Virtual Conference pula semakin dimanjakan dengan bentuk visual yang bermutu tinggi serta immersive dimana sebagian partisipan bisa tampak dalam satu video yang sama walaupun lokasi mereka berbeda.


Virtual Conference pula bisa dipadukan dengan Virtual Expo ataupun Virtual Exhibition untuk memperkenalkan suatu pameran virtual yang diperlihatkan dengan teknologi 3D.


Dengan banyaknya Virtual Conference yang sudah diselenggarakan dengan baik serta sangat berhasil, membuat banyak pihak yakin kalau bentuk ini akan terus dilakukan.


Di masa kelak walaupun pandemi sudah lalu, rancangan Virtual Event akan tetap menjadi opsi. Sebab sanggup memperkenalkan pesertan dengan geografis yang lebih luas dan dengan biaya yang jauh lebih murah.


Gimana, menarik bukan? Jika kamu ingin menyelenggarakan Virtual Conference dengan sukses, Groovy EO adalah rekomendasi terbaik untuk event ini. Tunggu apalagi? Hubungi sekarang juga.

Postingan Terakhir

Lihat Semua