top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Pengertian Search Engine Marketing (SEM) Lengkap

SEM alias search engine marketing adalah strategi pemasaran yang harus dipahami tiap marketer. Sebab itu, kalian wajib ketahui seluk- beluk SEM ini. Jangan sampai masih tertukar dengan SEO alias search engine optimization. Nah, untuk mendalami tentang pengertian Search Engine Marketing (SEM) lengkap, simak terus uraian di bawah ini, ya.


Apa Itu Search Engine Marketing?


Search engine marketing, disingkat SEM, adalah suatu strategi marketing untuk tingkatkan visibilitas suatu web di taman mesin pencarian seperti Google. Singkatnya, SEM bisa dimaksud sebagai kegiatan membeli traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.


Marketers yang memakai SEM akan melakukan personalisasi terhadap profil sasaran audiens yang di idamkan. Maka, SEM dikira sangat efisien sebagai alat pemasaran.


Dikutip dari jurnal.id, SEM bisa membuka peluang meningkatkan bisnis dengan iklan yang lebih efisien saat konsumen mencari produk ataupun jasa tertentu.

Search Engine Marketing SEM

Perbandingan Search Marketing, SEO, serta Pay Per Click


Untuk memahami SEM, kalian perlu mengenali pula konsep yang lain yang berkaitan dengan SEM. Istilah marketing yang kerap disebutkan terpaut SEM di antaranya ialah SEO serta pay per click.


Sesungguhnya apa, sih, perbedaannya? Simak di bawah ini, ya.


1. Search engine marketing


Sesungguhnya SEM ialah payung dari seluruh kegiatan promosi di dunia digital. Nah, dalam penerapannya ada sebagian tools tambahan dalam mengoptimisasi SEM ini, ialah SEO serta pay per click.


2. Search engine optimization (SEO)


Search engine optimization ataupun yang biasa disingkat SEO adalah salah satu strategi dari SEM. Cara kerja SEO adalah memaksimalkan suatu halaman situs supaya timbul di taman pertama mesin pencari ketika user mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan lamanmu.


Dengan begitu, lamanmu akan didatangi lebih banyak orang sebab situsmu langsung“ terlihat” oleh orang- orang yang lagi mencari informasi.


3. Pay per click


Pay per click( PPC) pula masih menjadi salah satu strategi dalam search engine marketing. PPC digunakan untuk mengiklankan suatu situs dalam mesin pencarian supaya tampak di taman paling atas.


Bila kalian sempat melihat suatu situs di Google dengan tanda“ Angkatan darat(AD)”, situs tersebut dapat ditentukan memakai pay per click.


Uniknya, marketers baru akan membayar iklan tersebut bila ada seorang yang mengeklik iklan tersebut. Semakin banyak pengunjung ke situs tersebut, semakin mahal pula biaya iklan yang wajib dibayar.


Nah, dari sini kalian akan ketahui berapa banyak jumlah klik per hari ataupun berapa budget yang efisien untuk mengiklankan situsmu di mesin pencarian.


Pay per click pula tidak hanya digunakan dalam search engine marketing, lho! PPC pula menunjang tipe iklan yang disediakan oleh Twitter, Instagram, serta Facebook. Jadi, PPC pula dapat digunakan untuk memasarkan produk, usaha, ataupun akun pribadi di media sosial.


Kenapa SEM Penting?


Dalam praktiknya, search engine marketing sangat efisien untuk mempromosikan suatu usaha ataupun produk di masa digital ini. Alasannya, pengguna Google di seluruh dunia mencapai angka milyaran.


Bayangkan, berapa persen peluang situs ataupun produkmu ditemui serta diklik oleh orang yang memakai Google.


Selain tingkatkan brand awareness, SEM pula dikira sebagai tools yang sangat menguntungkan. Ini sebab SEM bisa diatur, mulai dari waktu sampai ciri sasaran audiens.


Salah satu keuntungan yang bisa dialami oleh marketers adalah biaya yang bisa disesuaikan dengan budget. Alasannya, marketers hanya membayar iklan apabila pengguna internet mengunjungi situsnya.


Jadi, kalian tak perlu membuang- buang uang untuk memasang iklan yang belum tentu akan diklik oleh pengguna.


Jenis - Jenis Keywords SEM


Walaupun kalian dapat memilih sendiri kata kunci alias keyword yang ingin ditargetkan, perhatikan pula tipe keyword- nya. Dikutip dari Alexa, ada 4 tipe keyword dalam SEM. Di antaranya adalah:


1. Broadmatch keyword


Ini adalah alterasi dari kata kunci yang disasar. Termasuk kesamaan kata, persamaan kata(sinonim), bahkan typo yang cukup umum.


Contohnya, kalian lagi menjalankan campaign untuk jasa asisten virtual. Selain menyasar sasaran“ asisten virtual”, kalian pula dapat menargetkan “asisten online“.


2. Phrase match keyword


Kata kunci ini menargetkan sebagian kata yang khusus ataupun meningkatkan kata lain sebelum kata kunci yang mau disasar.


Contohnya keyword“ asisten virtual” dapat pula dibarengi dengan“ asisten virtual terbaik” ataupun“ jasa asisten virtual”.


3. Exact match keyword


Hampir mirip dengan broadmatch keyword, exact match keyword menargetkan kata yang lebih khusus lagi. Bahkan kamu bisa targetkan yang terdekat dari kata kunci yang disasar.


Exact match keyword mencakup typo, persamaan kata(sinonim), pengulangan kata, parafrase ataupun kata yang sangat- sangat dekat serta kemungkinkan besar dicari oleh konsumen.


Contohnya keyword“ asisten virtual” dapat ditargetkan pula dengan“ asst. virtual” ataupun“ virtual assistant“.


4. Negative keyword


Negative keyword adalah perkata yang tidak mau ditargetkan. Negative keyword ialah perpaduan dari 3 tipe keyword lebih dahulu yang tidak ingin digunakan.


Dapat dikatakan kalau negative keyword ini adalah perkata yang tidak relevan dengan keyword yang tertarget dalam search engine marketing.


Contohnya,“ pendapatan asisten virtual” termasuk ke dalam negative keyword sebab datanya tidak relevan dengan keyword tersebut. Orang yang mencari“ pendapatan asisten virtual” umumnya memiliki iktikad( intent) untuk berkarier dalam bidang tersebut.


Sebaliknya kalian lagi menjalankan campaign untuk orang- orang yang akan memakai jasa asisten virtual( user).


Bila ada pengguna internet yang memasukkan negative keyword tersebut, situs ataupun produkmu tidak akan tampak di mesin pencarian.


Sasaran untuk Search Engine Marketing


Selain bermain dengan kata kunci, SEM pula mempunyai setting sasaran. Apa saja sih yang dapat ditarget dari SEM ini?


1. Lokasi


Dalam SEM, kalian dapat mengatur lokasi user mana saja yang mau menjadi targetmu. Lokasi umumnya dapat dimasukkan kota- kota besar, zona tertentu, serta pula kode pos.


2. Agenda Iklan


Marketers bisa mengatur sendiri iklan yang akan tayang di taman pencarian dengan memasukkan jangka waktu, bertepatan pada, maupun jumlah iklan yang akan tayang dalam satu hari.


3. Demografi


Pengaturan demografi dalam search engine marketing mencakup umur serta pula tipe kelamin. Kalian dapat semakin khusus untuk menargetkan audiens yang mau disasar.


4. Device


Tipe device yang dipakai dalam mengakses suatu situs juga bisa diatur, lho! Bila kalian hanya ingin menargetkan orang yang memakai browser di pc, pengguna yang mengakses melalui smartphone tidak akan melihat iklannya.


Search Engine Marketing Angkatan darat(AD) Copy


Pastinya kalian tidak asing dengan format penyusunan iklan yang timbul di taman Google, kan? Bentuk penyusunan itu dinamakan SEM angkatan darat(AD) copy.


Isinya mencakup: headlines ataupun judul, deskripsi singkat, serta URL ataupun alamat situsmu.


Tetapi, bila kalian mau tampilannya terlihat lebih detail, kalian dapat meningkatkan info seperti:


  • Sitelink extensions

  • Callout extensions

  • Call extensions

  • Message extensions

  • Location extensions

  • Advertiser ratings

  • Price extensions

  • Structured snippet extensions


Pastikan saja kalian telah memenuhi semua informasi tersebut saat menyusun halaman yang ingin diiklankan. Nah, itu ia uraian dari GroovyEO tentang seluk beluk search engine marketing ataupun SEM.

41 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page